Tesla Buru Direktur Desain untuk Rebut Konsumen China
Perburuan direktur teknik oleh perusahaan Tesla Inc sudah berlangsung empat tahun terakhir. Perseroan ingin memastikan produk-produknya secara khusus memikat para konsumen China.
Oleh
BENNY D KOESTANTO
·4 menit baca
BEIJING, SENIN — Perusahaan Tesla Inc sedang mencari direktur desain di China sebagai bagian dari upaya perseroan merebut selera konsumen di negara itu. Direktur desain akan bertanggung jawab atas proses pembukaan fasilitas khusus Tesla yang akan dibangun di Shanghai atau Beijing.
Sejumlah sumber menyebutkan upaya pencarian direktur desain itu sejauh ini telah berlangsung empat bulan terakhir. Tesla diduga tengah mencari seorang direktur yang berlatar belakang atau tahu kebudayaan Timur dan Barat, dengan pengalaman minimal 20 tahun. Perseroan ingin direktur itu tahu dan dekat dengan selera warga China sekaligus dapat menjembatani kesenjangan antara China dan Amerika Serikat (AS).
Beberapa kandidat telah diwawancarai kepala desain global Tesla, Franz von Holzhausen, menurut sumber tersebut. Namun, tidak jelas berapa banyak kandidat potensial telah didekati perusahaan dan perekrut. Tesla dan Von Holzhausen sendiri tidak menanggapi permintaan komentar yang dikirim melalui e-mail.
Data menunjukkan bahwa China adalah pasar mobil terbesar di dunia. Konsultan LMC Automotive memperkirakan, jika ditambah kendaraan listrik, volume penjualan mobil tahun ini di China diperkirakan mencapai 1,5 juta kendaraan. Bagi Tesla, pasar China adalah yang terbesar kedua setelah pasar AS. Data LMC menunjukkan, konsumen China membeli sekitar 145.000 kendaraan Tesla tahun lalu, terhitung sekitar sepertiga dari volume global perusahaan secara keseluruhan.
Rencana pembuatan studio pengembangan mobil Tesla di China sejauh ini belum berjalan sesuai rencana. Pihak perseroan kemungkinan tetap menunggu kejelasan lebih lanjut tentang hubungan AS-China yang tegang di bawah Presiden AS Donald Trump. Perseroan menunggu kejelasan kebijakan perdagangan di bawah Presiden Joe Biden yang akan segera dilantik. Diharapkan, hubungan kedua negara terbesar perekonomiannya itu membaik.
Tesla tidak dapat berpaling dari pasar China. Hal itu sudah diungkapkan oleh pemimpin tertinggi perseroan, Elon Musk. Ketertarikan Musk dalam mengembangkan mobil di China adalah bagian dari dorongan yang lebih luas oleh Tesla untuk meningkatkan volume penjualan global perusahaan itu. Tesla ingin jauh melampaui angka penjualan 500.000 kendaraan per tahun.
Tesla tidak dapat berpaling dari pasar China. Hal itu sudah diungkapkan oleh pemimpin tertinggi perseroan. (Elon Musk)
Salah satu sumber, yang memiliki pengetahuan tentang aktivitas pengayauan Tesla di China, mengatakan bahwa begitu direktur desain dipekerjakan, Tesla akan merekrut tim direktur. Tim itu kemungkinan akan berjumlah sekitar 20 orang dan termasuk desainer plus pemodel yang membantu mengubah rendering desain menjadi model siap bentuk.
Musk sendiri secara implisit pernah mengungkapkan proses pencarian direktur desain perseroan itu. ”Saya pikir sesuatu yang akan sangat bagus adalah membuat pusat desain dan teknik China untuk benar-benar merancang mobil asli di China untuk konsumsi di seluruh dunia. Saya pikir ini akan sangat menarik,” katanya pada sebuah acara media di Shanghai beberapa waktu lalu.
Semua sumber mengatakan, pusat pengembangan di China itu kelak bertujuan untuk menciptakan desain komprehensif. Tidak hanya akan membantu menciptakan konsep desain mobil, studio itu diharapkan dapat juga mewujudkan bentuk akhir berupa data digital tiga dimensi dari sebuah model mobil. Data tersebut kemudian dapat diserahkan ke teknisi kendaraan Tesla yang sebagian besar berbasis di California utara.
Dua sumber mengatakan, studio Tesla di China kemungkinan juga akan melakukan penelitian tentang selera konsumen China. Ini memungkinkan model itu dapat diproduksi di pabrik perakitan kendaraan Tesla di Shanghai. Di sana desain dapat disesuaikan untuk memastikan komponen tertentu sesuai dengan kebutuhan para teknisi di lapangan.
”Mereka ingin memberikan desain kendaraan lebih condong ke China; mereka telah melakukan banyak hal di sini, mendirikan lokasi manufaktur utama dan telah menjual banyak mobil listrik, tetapi tampaknya Tesla siap lebih spesifik,” kata salah satu sumber.
Dua sumber mengatakan satu kemungkinan model Tesla ”khusus China” adalah mobil seharga 25.000 dollar AS. Hal itu sama dengan yang dirujuk Musk pada acara Battery Day pada September tahun lalu. Menurut dia, Tesla mungkin menghadirkan produk itu di pasar dalam tiga tahun mendatang. Musk mengatakan, Tesla yakin akan mampu memasuki pasar dengan ”kendaraan listrik seharga 25.000 dollar AS yang sangat menarik yang juga sepenuhnya otonom”.
Sejumlah sumber memperkirakan, kemungkinan model mobil yang ditujukan untuk pasar China akan lebih kecil dari Tesla Model 3. Model jenis itu tidak terlalu laku di pasar AS, yakni hanya menyumbang sekitar 10 persen dari pasar Tesla. Sebaliknya, mobil berukuran lebih kecil mampu merebut 25 persen pangsa pasar mobil di China. LMC memperkirakan itu berarti 5-6 juta unit mobil dalam setahun.
”Sebuah mobil Tesla yang berukuran lebih kecil tampaknya akan diterima di pasar China, serta seluruh Asia dan Eropa,” kata Yale Zhang, Kepala Konsultan Automotive Foresight, yang berbasis di Shanghai. ”Ini berpotensi menurunkan penjualan mobil, seperti Toyota Corolla dan Volkswagen Golf.” (AFP/REUTERS)