logo Kompas.id
InternasionalHarapan Perbaikan Hubungan Qatar dan Negara Arab Teluk Ada di Depan Mata

Harapan Perbaikan Hubungan Qatar dan Negara Arab Teluk Ada di Depan Mata

Upaya untuk memecahkan kebuntuan dan mengakhiri krisis hubungan diplomatik antara negara-negara Arab Teluk dan Qatar menampakkan kemajuan yang signifikan.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
REUTERS/SAUDI PRESS AGENCY

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud (kanan) menemui Perdana Menteri Qatar Sheikh Abdullah bin Nasser bin Khalifa al-Thani dalam KTT Ke-40 Dewan Kerja Sama Teluk di Riyadh, Arab Saudi, 10 Desember 2019. Arab Saudi dan Qatar berupaya memulihkan hubungan pascablokade sejak Juni 2017.

RIYADH, SABTU — Upaya untuk memecahkan kebuntuan dan mengakhiri krisis hubungan diplomatik antara negara-negara Arab Teluk dan Qatar menampakkan kemajuan yang signifikan. Mediasi yang dilakukan Amerika Serikat dan Kuwait mulai menampakkan hasil dan pemulihan hubungan antara Qatar dan negara-negara Arab Teluk diharapkan akan terjadi tidak lama lagi.

”Kami telah membuat kemajuan signifikan dalam beberapa hari terakhir ini berkat upaya berkelanjutan Kuwait dan juga berkat dukungan kuat dari Presiden Donald Trump. Saya agak optimistis bahwa kita hampir menyelesaikan kesepakatan antara semua negara yang bersengketa,” kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud, Jumat (4/12/2020).

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..