logo Kompas.id
InternasionalKehendak Rakyat Tak Terbendung

Kehendak Rakyat Tak Terbendung

Gerakan prodemokrasi di Thailand terus menguat. Diprakarsai anak-anak muda, gerakan itu kini menjadi gerakan massa yang tak lagi terbendung. Warga mewujudkannya dalam beragam ekspresi.

Oleh Luki Aulia
· 1 menit baca
Memuat data...
AP/SAKCHAI LAILIT

Demonstran membawa bebek kuning tiup, yang menjadi simbol humor selama unjuk rasa perlawanan anti-pemerintah, menuju pangkalan Resimen Infantri Ke-11, unit keamanan istana di bawah komando langsung Raja Thailand di Bangkok, Thailand, Minggu (29/11/2020). Unjuk rasa yang menyerukan pemerintah untuk mundur serta mereformasi konstitusi dan monarki terus bergulir di Thailand. 

Tidak ada yang meragukan kecintaan dan kesetiaan Mitree Chitinunda kepada Raja Thailand beserta seluruh anggota keluarga kerajaan sedari dulu. Saking cintanya kepada raja, tahun lalu Mitree mencukur rambutnya hingga membentuk wajah Raja Maha Vajiralongkorn. Dulu, ia termasuk kelompok garis keras pendukung raja dan kerajaan. Itu dulu.

Seperti halnya politik Thailand, mode dan gaya rambut Mitree pun berubah. Sekarang, Mitree sudah mencukur rambutnya lagi, tetapi kali ini ia ”mengukir” rambutnya dengan salam tiga jari yang digunakan para pengunjuk rasa di bagian belakang kepala. Sementara di bagian kiri dibentuk simbol perdamaian dan di kanan berbentuk burung merpati.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..