logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiKasus Covid-19 di 43 Daerah Luar Jawa-Bali Melonjak

Kasus Covid-19 di 43 Daerah Luar Jawa-Bali Melonjak

Sebanyak 43 kabupaten/kota yang berada di luar Jawa dan Bali diminta untuk waspada menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Antisipasi perlu dilakukan agar laju penularan bisa terkendali.

Oleh DEONISIA ARLINTA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Spanduk zona merah Covid-19 dipasang di kawasan perumahan di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (1/7/2021). Pemerintah daerah di Jabodetabek menerapkan kebijakan baru pengetatan pergerakan warga. Ada penyekatan jalan sampai berbagai antisipasi lonjakan kasus di awal Juli ini.

JAKARTA, KOMPAS — Lonjakan kasus mulai terjadi di sejumlah daerah yang berada di luar Pulau Jawa dan Bali. Antisipasi perlu dilakukan untuk menghadapi lonjakan yang terjadi, di antaranya dengan memastikan ketersediaan tempat tidur, logistik kesehatan, dan tenaga kesehatan mencukupi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kasus aktif Covid-19 yang dilaporkan di wilayah luar Jawa-Bali telah meningkat sampai 34,4 persen dalam satu pekan. Sementara itu, kewaspadaan akan lonjakan kasus juga perlu diperhatikan, terutama di 43 kabupaten/kota yang berada di 20 provinsi. Berdasarkan indikator yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 43 wilayah tersebut tergolong level empat dalam penilaian krisis Covid-19. 

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan
Memuat data..