logo Kompas.id
Ilmiah PopulerTak Ada Kemajuan, Polusi...

Tak Ada Kemajuan, Polusi Menyebabkan Sembilan Juta Kematian dalam Setahun

Laporan ilmiah terbaru menunjukkan bahwa polusi bertanggung jawab atas 9 juta kematian pada 2019 atau satu dari enam kematian di seluruh dunia. Di Asia Tenggara, kematian terutama dipicu polusi industri.

Oleh
AHMAD ARIF
· 1 menit baca
ILUSTRASI: Polusi udara di Jakarta
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

ILUSTRASI: Polusi udara di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS — Laporan ilmiah terbaru menunjukkan bahwa polusi bertanggung jawab atas 9 juta kematian pada 2019 atau satu dari enam kematian di seluruh dunia. Jumlah ini hampir tidak berubah sejak analisis terakhir pada 2015, yang menunjukkan tidak adanya progres signifikan dalam mengatasi polusi dan khusus Asis Tenggara justru terjadi tren peningkatan polusi dari sektor industri.

Laporan pembaruan dari The Lancet Commission on Pollution and Health, yang diterbitkan di The Lancet Planetary Health pada Selasa (17/5/2022) ini menyatakan bahwa jumlah kematian akibat sumber polusi yang terkait dengan kemiskinan ekstrem, seperti polusi udara dalam ruangan dan polusi air, telah menurun. Namun, terjadi peningkatan kematian yang disebabkan oleh polusi industri, seperti polusi udara ambien dan polusi bahan kimia.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan