logo Kompas.id
HumanioraRegulasi Promosi Susu Formula ...
Iklan

Regulasi Promosi Susu Formula Perlu Diperkuat

Kode etik promosi produk pengganti ASI harus ditegakkan oleh semua pihak untuk mendorong tingkat cakupan pemberian ASI eksklusif .

Oleh
STEPHANUS ARANDITIO
· 5 menit baca
Seorang anak minum susu saat akan sembahyang hari raya Galungan di Pura Sagara Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (4/1/2022).
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Seorang anak minum susu saat akan sembahyang hari raya Galungan di Pura Sagara Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (4/1/2022).

JAKARTA, KOMPAS — Penegakan kode etik internasional promosi produk pengganti air susu ibu atau ASI memerlukan komitmen bersama. Semua pihak, mulai dari industri makanan bayi dan anak kecil, pemerintah, hingga konsumen, harus saling menjaga agar pemasaran produk di pasaran tetap mengedepankan kesehatan anak. Implementasi peraturan-peraturan yang ada perlu diperkuat lagi.

Organisasi Pelanggarankode.org menemukan, sedikitnya ada 1.230 pelanggaran pemasaran produk pengganti ASI yang dilaporkan masyarakat. Laporan terbanyak berasal dari DKI Jakarta (55 laporan), Jawa Timur (46 laporan), Jawa Barat (43 laporan), Banten (34 laporan), dan Jawa Tengah (26 laporan). Pemasaran tersebut kebanyakan menyasar ibu-ibu, manajemen fasilitas kesehatan, dokter, dan tenaga kesehatan.

Editor:
ADHITYA RAMADHAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000