logo Kompas.id
HumanioraPerkuat Penerimaan Kembali...
Iklan

Perkuat Penerimaan Kembali Orang dengan Gangguan Jiwa di Masyarakat

Dukungan terbaik bagi orang dengan gangguan jiwa yang sudah dalam kondisi stabil adalah mendapat penerimaan dari lingkungan, terutama keluarga. Namun, hal itu belum dipahami dengan baik di masyarakat.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
Orang dengan gangguan jiwa dalam perawatan di panti rehabilitasi disabilitas mental Yayasan Jamrud Biru, Jalan Mustikasari Gang Asem Sari II RT 003 RW 004 Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/11/2019). Tekanan hidup yang tinggi pada masyarakat urban terkadang memicu stres dan mengganggu kesehatan jiwa. Stigma masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa menghambat akses pada layanan kesehatan jiwa.
KOMPAS/AGUS SUSANTO (AGS)

Orang dengan gangguan jiwa dalam perawatan di panti rehabilitasi disabilitas mental Yayasan Jamrud Biru, Jalan Mustikasari Gang Asem Sari II RT 003 RW 004 Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/11/2019). Tekanan hidup yang tinggi pada masyarakat urban terkadang memicu stres dan mengganggu kesehatan jiwa. Stigma masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa menghambat akses pada layanan kesehatan jiwa.

JAKARTA, KOMPAS — Pelayanan kesehatan jiwa akan lebih banyak dijalankan berbasis masyarakat. Keluarga pun menjadi ujung tombak dalam pelayanan tersebut. Untuk itu, berbagai upaya dibutuhkan demi mendukung kesiapan keluarga dalam menerima kembali orang dengan gangguan jiwa yang sudah dalam kondisi stabil.

Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan R Vensya Sitohang mengutarakan, proses deinstitusionalisasi layanan kesehatan jiwa menjadi fokus dalam penguatan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Penerimaan di masyarakat merupakan faktor penentu untuk mendukung layanan tersebut.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000