logo Kompas.id
HumanioraMenavigasi Arah Kebijakan...
Iklan

Menavigasi Arah Kebijakan Redaksi di Era Kecerdasan Buatan

Perusahaan media perlu menavigasi dengan hati-hati kebijakan redaksinya jika ingin menerapkan kecerdasan buatan dalam proses jurnalistik.

Oleh
ADHITYA RAMADHAN
· 6 menit baca
Seorang pengunjung Mobile World Congress (MWC) memperhatikan tanda AI (<i>artificial intelligence/ </i>kecerdasan buatan) di layar animasi pada sebuah pameran teknologi informasi tahunan di Barcelona.
AFP/JOSEP LAGO

Seorang pengunjung Mobile World Congress (MWC) memperhatikan tanda AI (artificial intelligence/ kecerdasan buatan) di layar animasi pada sebuah pameran teknologi informasi tahunan di Barcelona.

Jurnalisme menghadapi fase kritis, sekali lagi. Setelah menghadapi dua gelombang perkembangan teknologi yang mendisrupsi, kini perusahaan media dihadapkan pada kecerdasan buatan yang menghadirkan peluang sekaligus ancaman.

Pada gelombang pertama, media menghadapi digitalisasi. Media cetak yang didistribusikan melalui jaringan agen, mau tidak mau, juga harus hadir secara daring melayani audiensnya. Jaringan distribusi dan sirkulasi media pun jelas terdampak.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000