”Raisa Live in Concert”, Konser Skala Stadion Produksi Anak Bangsa
Konser Raisa di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (25/2/2023) akan menjadi konser skala stadion yang menyatukan seluruh kekuatan lokal kebanggaan Indonesia.
Oleh
DWI AS SETIANINGSIH
·4 menit baca
KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH
Raisa di Stadion Utama GBK, Jakarta, Kamis (26/1/2023).
JAKARTA, KOMPAS — Konser Raisa di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (25/2/2023) akan menjadi konser skala stadion yang menyatukan seluruh kekuatan lokal kebanggaan Indonesia. Tak semata menghadirkan Raisa, diva dunia tarik suara Tanah Air, tetapi juga pemilik nama-nama terbaik dalam industri kreatif dan bisnis pertunjukan di Tanah Air.
Mereka antara lain adalah Ezar P Danardi (Stage Designer and Show Director), Marco Steffiano (Music Director), Isha Hening (Motion Graphics dan VJ), Edy Khemod (Creative Director), Sony Soebowo (Audio Engineer), Vannie Astecat (Fashion Stylist), Aji Yudistira (Film Director), dan Donne Maulana (Choreographer). Konser dengan tajuk ”Indofood presents: Raisa Live in Concert Stadion Utama Gelora Bung Karno” ini dipromotori oleh Juni Concert dan Northstar Entertainment.
”Untuk sekarang, tiket terjual sudah 65 persen dari kapasitas. Festival area sudah sold out. Tribune masih tersedia. Mudah-mudahan satu bulan ini tiket semua sold out karena ini adalah sebuah konser kolaborasi multiprofesonal dan industri. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menjadi bagian dari sejarah ini. Apalagi, local content semuanya,” ujar CEO Juni Group Adryanto Pratono dalam jumpa pers Kamis (26/1/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.
Untuk itu, mulai Jumat (27/1/2023) hingga 3 Februari, digelar promo beli satu gratis satu tiket kategori Bronze. Namun, kapasitas stadion tetap akan dipertahankan hanya 70 persen dengan konsep duduk demi alasan kenyamanan dan keselamatan.
KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH
Jumpa pers Konser Raisa Live in Concert Stadion Utama GBK, Kamis (26/1/2023). Hadir dalam acara tersebut, dari kiri ke kanan, Creative Director Raisa Live in GBK Edy Khemod, Head of Project Northstar Entertainment Drinna Munardy, Raisa, Head of Consumer Corporate Marketing PT Indofood CBP Sukses Makmur Fierman Authar, dan CEO Juni Group Adryanto Pratono.
Selain Adryanto, hadir dalam kesempatan yang sama adalah Raisa, Drinna Munardy selaku Head of Project Northstar Entertainment, Creative Director Raisa Live in GBK, Edy Khemod, serta Fierman Authar, Head of Consumer Engagement Corporate Marketing PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Edy menuturkan, saat itu seluruh tim sudah fokus memasuki tahapan rehearsal (latihan). Mulai dari musik, koreografi, produksi, konten visual, hingga produksi panggung yang dalam waktu dekat akan mulai berjalan.
”Sebenarnya semua udah on progress. Cuma karena skalanya sebesar ini, kompleksitasnya sebesar ini, jadi banyak komponen yang harus diawasi dan butuh waktu panjang untuk persiapannya. Kalau show lain, sebulan lagi masih santai. Kalau ini enggak,” kata Edy.
Namun, Edy optimistis karena semua yang terlibat dalam proses kreatif konser Raisa merupakan tim terbaik dalam industri live event di Indonesia. Semua ingin melakukan yang terbaik untuk konser bersejarah tersebut. ”Jadi kita juga men-challenge diri kita, juga Yaya, kita mampu melakukan apa yang historical di space yang seperti ini (GBK). Bisa enggak kita kasih show yang enggak seperti biasanya,” kata Edy.
Salah satunya dari segi panggung. Panggung yang digunakan adalah panggung megastruktur HGSS (Hydro Ground Support Systems) yang kokoh, didesain untuk menahan bobot berat, dengan tata suara berkekuatan 200.000 watt, juga LED screen lebih kurang 1.000 meter persegi yang akan memberikan pengalaman menonton terbaik.
”Dengan LED yang hampir 1.000 meter persegi, dengan panggung kita yang akan jadi besar dan tinggi, salah satu consideration-nya adalah semua penonton bisa melihat dengan nyaman. Jadi enggak perlu terlalu pakai teropong karena itu semua sudah kita pikirkan. Duduk di mana pun, mau di tribune paling atas, mau di festival semua pasti akan bisa melihat pertunjukannya. Kita enggak mau ada penonton yang kekurangan akses untuk melihat segala kerja keras yang sudah kita siapkan juga,” kata Raisa.
Bahkan, sebelum konser dimulai, penonton pun disuguhi pengalaman laiknya sebuah festival. Sejak penonton melangkah memasuki area Stadion Utama, banyak aktivitas yang bisa dinikmati.
KOMPAS/PRIYOMBODO
Raisa
”Jadi enggak sekadar ngantre masuk ke dalam, show, enggak. Tapi penonton bisa datang ketemuan sama teman-temannya, foto-foto dulu, makan enak dulu di booth, kenalan sama YourRaisa Indonesia dan internasional. Jadi banyak aktivitas, juga merchandise yang kita siapin, kerja sama dengan UMKM lokal. Jadinya kayak perayaan local pride,” tutur Raisa yang selama konser akan menyanyikan 26 lagu dalam durasi 2,5 jam. Sebelumnya akan ada penampil pembuka dan juga bintang tamu.
Terkait kekhawatiran sejumlah pihak terhadap pelaksanaan konser yang bertempat di GBK, Adryanto menambahkan, konser digelar dengan semangat positif. ”Yang ingin kami lakukan adalah hal-hal positif juga, sama seperti kebanyakan dari kita yang juga mencintai stadion ini. Rasia sangat mencintai stadion ini dan sangat bangga bisa hadir di sini. Jadi percayalah, dengan segenap kekuatan kami, kami juga berkomitmen untuk menjaga stadion ini,” kata Adryanto.