Pameran Gaikindo Jakarta Auto Week jadi ajang tepat bagi untuk mencari kendaraan berlebaran. Beberapa merek meluncurkan mobil baru. Acara yang dijanjikan berbanjir promo ini dimeriahkan konser musik juga.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
·5 menit baca
Sekitar dua pekan sebelum bulan Ramadhan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Pameran berlangsung selama 10 hari pada 10-19 Maret 2023 di area Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Bukan cuma otomotif, acara ini juga diisi pentas musik.
Pameran ini menghadirkan beragam promo pembelian produk otomotif, yang bisa saja dikendarai untuk mudik Lebaran. Tak kurang dari 60 jenama bakal turut serta, baik itu kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan niaga, maupun produk-produk pendukungnya.
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, penyelenggaraan GJAW 2023 diharapkan menggerakkan pasar dan mendongkrak angka penjualan industri otomotif Indonesia. Ragam promo bakal menambah daya dongkrak itu.
”Jika selama ini pergerakan angka penjualan terlihat kencang di semester dua, dengan GJAW, Gaikindo ingin memulai pergerakan pasar sejak awal tahun. Oleh karena itu, GJAW akan menggenjot penjualan dengan berbagai penawaran dan promosi dari para merek otomotif,” kata Nangoi.
Ajang GJAW tahun ini kembali diikuti merek-merek premium, seperti BMW M, Mercedes-Benz, Lexus, dan Porsche. Jenama lainnya adalah Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.
Gaikindo menargetkan nilai transaksi pada penyelenggaraan GJAW kedua ini melebihi yang pertama tahun lalu. Sebelumnya, GJAW mencatatkan transaksi sebesar Rp 2,3 triliun dengan penjualan 5.919 unit kendaraan. Angka tersebut di luar transaksi perlengkapan otomotif, seperti aksesori dan suku cadang.
Nangoi mengatakan, banyaknya agen pemegang merek (APM) kendaraan bermotor dan industri pendukungnya yang berpartisipasi pada GJAW 2023 ini menunjukkan geliat industri otomotif. Produk-produk terbaru yang diperkenalkan sejak awal tahun, lanjut Nangoi, diharapkan berdampak pada penjualan produk otomotif sepanjang tahun.
Antusiasme masyarakat terhadap industri otomotif terasa membesar. Ajang pameran lain, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada 16-26 Februari lalu, memperkuat asumsi itu. Selama sebelas hari, pameran itu didatangi 486.720 pengunjung dengan total transaksi mencapai Rp 5,3 triliun.
Gaya hidup
Untuk semakin menambah daya tarik pameran otomotif, GJAW 2023 memadukan ekshibisi dengan kancah gaya hidup. Selain bisa melihat pameran kendaraan, pengunjung dapat pula menikmati sajian musik dalam rangkaian Jakarta Concert Week. Ada pula ajang peragaan busana Jakarta Auto Runway dan pergelaran kuliner Indonesia Authentic Food Festival.
”Dari industri gaya hidup, kami berkolaborasi dengan profesional yang tepat. Kami yakin kolaborasi ini akan mendatangkan pengunjung yang tidak terbatas pada pencinta otomotif saja, tetapi juga penikmat musik, busana, dan kuliner di Jakarta dan sekitarnya,” kata Ridwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo yang mengurusi penyelenggaraan pameran Gaikindo. Selama sepuluh hari penyelenggaraan, ditargetkan ajang ini mendatangkan 150.000 orang.
Terlebih lagi, penyelenggaraan GJAW kali ini berdekatan dengan bulan puasa. ”Ini adalah momentum yang tepat bagi konsumen untuk berbelanja produk otomotif dengan berbagai penawaran dan promosi,” kata Ridwan.
Subaru, salah satu merek mobil yang berpartisipasi, akan menyuguhkan tema ”The Earth Circulation” di anjungan mereka di Assembly Hall AS 5 dengan luas 272 meter persegi. Setali dengan tema itu, Subaru bakal merilis lini pakaian luar ruang (outdoor) berkolaborasi dengan merek ternama The North Face.
Pakaian hasil kolaborasi itu mengiringi peluncuran mobil SUV anyar Subaru. Mobil ini disebutkan berbentuk SUV kompak dengan Subaru Core Technology yang mendukung kegiatan luar ruang. Hari pertama pameran akan menjadi penampilan perdana mobil ini di Indonesia.
Arie Christopher, Chief Operating Officer Subaru, mengundang pehobi outdoor dan pencinta Subaru untuk melihat produk terbaru mereka. ”Kami percaya SUV terbaru ini akan menjadi tolok ukur baru di kelas SUV kompak di Indonesia dengan fitur Symmetrical All-Wheel Drive, hingga Subaru EyeSight generasi keempat berteknologi kamera dan radar,” kata Arie.
Sementara merek premium Lexus juga akan memberi kejutan dalam GJAW 2023 ini. Meski belum memberikan detailnya, jenama mobil mewah asal Jepang ini akan menampilkan untuk pertama kali mobil listrik terbarunya. ”Yang jelas akan ada kejutan dari Lexus,” tutur General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma saat dihubungi Kompas.
Ini adalah keikutsertaan kedua Lexus dalam GJAW. Tahun lalu, jenama berlogo huruf L ini meluncurkan All New Lexus NX di pameran yang baru pertama kali digelar. Ini menjadi kejutan tersendiri mengingat biasanya Lexus baru menampilkan produk-produk dan teknologi terbarunya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dilangsungkan di semester kedua.
Sementara itu, pentas musik dalam wahana Jakarta Concert Week digelar di area Plenary Hall. Nama-nama yang akan tampil sesuai urutan hari mulai 10 Maret adalah Ahmad Dhani Project, Trilogy (Ardhito Pramono, Kunto Aji, Pamungkas), Dangdance (Inul Daratista, Ayu Ting-ting, Dipha Barus), The Greatest Hits (Potret dan Maliq & D’Essentials), Noah Monochrome, Sound of 2000 (Samsons, Yovie Nuno, D’Masiv), penampilan khusus yang masih rahasia, dan ditutup dengan Trio Lestari bersama Rio Febrian dan Rizky Febian.
Dino Hamid, promotor New Live Entertainment yang mengurusi Jakarta Concert Week, mengatakan, kolaborasi para penampil akan menyuguhkan sajian yang berbeda dibandingkan pentas-pentas sebelumnya. ”Harapannya, program Jakarta Concert Week akan menarik pangsa pasar yang lebih besar lagi untuk ajang pameran otomotif,” kata Dino.
Pameran akan dimulai pukul 11.00 sampai 22.00 pada tengah pekan, dan akan buka lebih awal, yaitu pukul 10.00 untuk akhir pekan. Harga tiket reguler pengunjung di akhir pekan Rp 70.000 per orang, dan Rp 50.000 di tengah pekan. Tiket pameran otomotif belum termasuk tiket konser. Pembeli tiket Jakarta Concert Week yang harganya terentang dari Rp 350.000 sampai Rp 1,25 juta sudah termasuk karcis pameran otomotif.