Pamer Daya Tarik All New Lexus NX di Jakarta Auto Week 2022
The All New Lexus NX meluncur di pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022. Mengusung teknologi hibrida, Lexus NX generasi kedua ini mengisi ceruk premium model SUV.

Lexus NX 450h+ merupakan salah satu varian New All Lexus NX berteknologi plug-In hybrid electric vehicle (PHEV) dipamerkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/3/2022).
Pada pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week 2022 yang mengedepankan promosi mobil stok, merek Lexus mengenalkan produk terbarunya, yaitu seri The All New Lexus NX. Ini adalah generasi kedua seri NX yang tergolong SUV berukuran menengah di kelas premium. Sejumlah fitur canggihnya bisa jadi standar baru kelengkapan mobil-mobil sekelasnya.
Seri Lexus NX pertama kali muncul pada 2014 yang mengklaim sebagai tunggangan trengginas di kelas premium perkotaan. Mobil SUV ini lalu banyak peminatnya. Penjualannya telah melampaui satu juta unit di seluruh dunia. Seri NX generasi pertama ini juga masuk di Indonesia.
Delapan tahun melenggang dengan rival seperti BMW X3 dan Mercedes-Benz GLC, Lexus NX meluncurkan model terbarunya, bukan sekadar peningkatan rupa atau facelift. Dimensi ukurannya tak jauh berbeda dengan pendahulunya. Namun, tampilannya tampak lebih garang dan menawan sekaligus.
“Kami merancang seri NX (terbaru) ini lebih tegas, lebih klimis, dan tampak lebih menonjol,” kata Takeaki Kato, Chief Engineer Lexus NX. “Seri terbaru ini dirancang untuk memenuhi beragam gaya hidup pengemudi di seluruh dunia dengan pembaruan di segi desain, performa berkendara, dan teknologi canggih unntuk meningkatkan daya tariknya,” lanjut Kato.

Lexus NX 350h adalah salah satu varian All New Lexus NX yang sudah diluncurkan untuk pasar Indonesia di ajang pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/03/2022) hingga Minggu (20/03/2022).
Pernyataan Kato itu diwujudkan dalam empat varian seri NX. Dalam pameran Jakarta Autoweek 2022, Lexus menyingkap dua variannya, yaitu NX 450h+ dan NX 350h. Varian NX 350h terdiri dari dua jenis, yaitu trim F Sport dan Luxury. Tiga varian tersebut bertenaga hibrida listrik dan bensin. Satu varian lain, yaitu Lexus NX 250 Luxury masih sepenuhnya pakai bensin.
Tampilan keempat varian ini mirip-mirip saja. Dimensinya juga sama, yaitu panjang 4,6 meter, dan lebar 1,8 meter. Jarak antarsumbu roda (wheelbase) 2,69 meter. Sementara ruang kolongnya (ground clearance) 195 milimeter.
Perbedaan yang mencolok terletak pada desain gril—yang sama-sama besar itu. Gril pada varian NX 450h+ berwarna hitam mengkilap dengan pola seperti sulaman vertikal. Sedangkan desain gril NX 350h berpola seperti susunan abjad U yang makin menganga di sisi bawah. Desain lampu depannya serupa, lebih menyipit dan tampak modern dibandingkan generasi terdahulu.

Tampilan bodi belakang Lexus NX 450h+ yang merupakan salah satu varian All New Lexus NX berteknologi PHEV dipamerkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/03/2022) hingga Minggu (20/03/2022).
Bagian belakang keempat varian NX terbaru ini sama. Jika disandingkan dengan generasi terdahulu, baru terlihat perbedaannya. Lexus NX tahun 2022 ini dilengkapi lis lampu yang memanjang selebar bodi. Logo “L” di bagian tengah pintu bagasi digantikan dengan emblem tulisan “Lexus” yang lebih mencolok.
Varian tertinggi, NX 450h+ yang berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), sekadar dipamerkan. Sedangkan tiga varian lainnya siap dipasarkan di Indonesia. Harganya? Varian NX 250 dibanderol Rp 1,273 miliar, NX 350h Luxury dibanderol Rp 1,339 miliar, dan NX 350 F Sport Rp 1,385 miliar. Angka itu merupakan harga on-the-road DKI Jakarta.
Baca juga: Sebanyak 13 Merek Mobil Berpromosi di Jakarta Auto Week 2022
Efisien
Varian NX 350h F Sport lebih superior dibandingkan varian Luxury. Pembedanya terlihat pada desain velg—yang sama-sama berdiameter 20 inci. Velg trim F Sport lebih garang dengan warna hitam legam dan bilah yang lebih jarang, sementara trim Luxury bernuansa keperakan. Sistem kaki trim F Sport juga mendapat teknologi suspensi yang bisa beradaptasi (adaptive variable suspension).
Di bagian dalam, bahan pada lingkar setir dan jok varian F Sport dan Luxury pun berbeda material. Beberapa bagian di interior F Sport beraksen aluminium gelap, sedangkan Luxury beraksen pori-pori kayu. Seluruh jok di varian trim F Sport dan Luxury berpendingin. Fitur penghangat jok juga tersedia untuk seluruh penumpang trim Luxury, sementara F Sport hanya tersedia di jok baris depan.

Desain velg Lexus NX 450h+ yang dipamerkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/03/2022) hingga Minggu (20/03/2022).
Dua model NX 350h menggunakan mesin yang sama, yaitu tipe A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc, empat silinder segaris. Tenaga maksimal gabungan yang dihasikan mencapai 240 hp. Torsi puncak mesin itu adalah 239 Nm, sedangan torsi yang dihasilkan motor listriknya 270 Nm. Kombinasi dua sumber tenaga itu diklaim membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.
Motor listrik pada NX 350h bekerja ketika mobil bergerak dalam kecepatan rendah, misalnya ketika baru berjalan dari kondisi berhenti. Ketika laju beranjak kencang, tenaga dari mesin berbahan bakar mengambil peran, dan jika diperlukan berakselerasi lebih dalam, tenaga listriknya ikut campur.
Dalam kondisi berhenti, seperti ketika di lampu merah, atau di parkiran tanpa mematikan mesin, pemasok tenaganya berasal dari motor listrik saja. Ini mengirit penggunaan bahan bakar, dan mengurangi emisi karbon. Baterai untuk motor listrik ini diisi ketika pengendara mengerem, atau deselerasi. Jadi, daya baterainya terisi ketika mobil dikendarai, tidak memakai colokan listrik layaknya PHEV, atau yang bertenaga baterai murni (BEV).
Sementara model NX 250 menggunakan mesin berkapasitas sama dengan NX 350. Hanya saja, tenaga puncaknya lebih kecil, yaitu 204 hp, dengan torsi maksimum 243 Nm. Varian NX 250 ini menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan. Semua model NX berpenggerak roda depan, dengan kecepatan maksimum 200 km per jam.

Kabin kemudi Lexus NX 450h+ yang dipamerkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/03/2022) hingga Minggu (20/03/2022). Perhatikan layar infotainment berukuran 14 inci di bagian tengah dasbor.
Filosofi berkuda
Gaya berkendara Lexus NX didasari pada filosofi seni berkuda Jepang, yaitu “tangan pada lingkar kemudi, mata melihat jalan”. Filosofi ini dipakai Lexus dalam konsep kokpit, yang mereka sebut Tazuna Cockpit. Wujudnya amat tampak mata.
Misalnya, layar infotainment di bagian tengah dasbor berukuran besar, yaitu 14 inci, lebih besar dari layar laptop kecil. Pemasangan layar ini agak menyerong ke arah pengemudi supaya mudah dilihat dan dijangkau. Pengaturan urusan kenyamanan, seperti hiburan, suhu udara, dan navigasi bisa diaktifkan lewat perintah suara. Urusan hiburan cukup spesial dengan 17 pelantang suara keluaran Mark Levinson.
Keistimewaan konsep Tazuna lebih nyata pada penggunaan head-up display (HUD) yang terproyeksi di kaca depan. Memang teknologi HUD ini sudah banyak dipakai merek mobil lain. Tapi di Lexus NX, konfigurasi tombol pada bilah setir juga terpancar di HUD, selain informasi standar semisal penunjuk kecepatan atau putaran mesin. Ini membuat mata pengemudi tetap fokus ke depan, tanpa perlu sering-sering melirik tombol di setir, atau klaster instrumen. Rasanya mobil lain perlu mengadopsi teknologi ini.

Desain lampu depan Lexus NX 450h+ yang sudah berteknologi adaptive LED headlights. Mobil berteknologi PHEV ini dipamerkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/03/2022) hingga Minggu (20/03/2022).
Fitur keselamatan berkendara makin lengkap dalam cakupan Lexus Safety System Plus generasi ketiga. Seluruh keluarga Lexus NX terbaru ini disematkan pengatur laju adaptif berdasarkan radar (dynamic radar cruise control/DRCC), sistem peringatan pratumbukan (pre-collision system/PCS), dan pengendali arah berdasar marka jalan (lane tracing assist/LTA). Selain itu, mode otomatis lampu utama berteknologi LED juga adaptif, tanpa menganggu pandangan kendaraan dari arah berlawanan.
Satu teknologi baru yang dipakai Lexus pada keluarga NX ini adalah sistem buka-tutup pintunya. Dari luar, gagang pintu hanya berfungsi sebagai penarik pintu, bukan pelepas kait kunci, karena pengaitnya otomatis terlepas ketika tangan menyentuh tombol yang tersembunyi di baliknya. Dari sisi dalam, membuka pintu juga tak perlu menarik tuas, melainkan cukup menyentuh area kecil yang tersedia. Teknologi bernama e-latch ini mungkin terkesan sederhana, tapi membuka dan menutup pintu adalah hal yang sering dilakukan penumpang, jadi tetap memberi dampak berarti.
Dengan pembaruan teknologi, sumber tenaga yang efisien bahan bakar, kenyamanan kabin, citra kemewahan merek, harga di bawah Rp 1,5 miliar rasanya sepadan. Ditambah lagi, pemilik Lexus berhak pakai tempat parkir khusus di banyak pusat keramaian di Jakarta. Imbuhan privelese dan gengsi rasanya melampaui harga mobilnya. (HEI)

Lampu kabut pada Lexus NX 350h yang dipamerkan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/03/2022) hingga Minggu (20/03/2022).