logo Kompas.id
Gaya HidupKonsumen Gaya Hidup Menguat
Iklan

Konsumen Gaya Hidup Menguat

Selama dua tahun masa pandemi Covid-19, banyak perubahan yang terjadi di industri gaya hidup. Produsen dituntut adaptif pada situasi dan perubahan perilaku konsumen baru. Bagaimana tren industri gaya hidup tahun depan?

Oleh
Soelastri Soekirno dan Wisnu Dewabrata
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9xOeGEE1HvCly30FOq0gCLjV7nU=/1024x684/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F12%2F20211202WEN-Fesyen1_1638419610.jpg
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Pergelaran busana di Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/12/2021). Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun sedikit banyak mengubah perilaku produsen dan konsumen mode.

Industri terkait dengan gaya hidup diprediksi akan mulai bergeliat pada 2022 seiring melandainya pandemi Covid-19. Tren ini diikuti menguatnya kesadaran konsumen untuk membeli produk dan jasa yang sehat dan ramah terhadap lingkungan.

JAKARTA, KOMPAS — Gejala menguatnya konsumsi produk/jasa terkait dengan gaya hidup terpotret dalam survei Litbang Kompas. Pengeluaran konsumen yang melemah selama krisis pandemi diprediksi akan kembali menguat pada 2022. Peningkatan pengeluaran terutama dialokasikan untuk jalan-jalan (termasuk di dalamnya berwisata, nonton film, dan menikmati konser) serta membeli barang hobi.

Editor:
Budi Suwarna
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000