logo Kompas.id
EkonomiBelanja Kelas Menengah-Atas...
Iklan

Belanja Kelas Menengah-Atas Turun, Ritel Modern Berinovasi

Ritel modern berinovasi untuk menarik kalangan menengah-atas berbelanja di dalam negeri.

Oleh
ERIKA KURNIA
· 4 menit baca
Suasana di Plaza Senayan, Jumat (23/1/2024).
KOMPAS/ERIKA KURNIA

Suasana di Plaza Senayan, Jumat (23/1/2024).

JAKARTA, KOMPAS — Masyarakat ekonomi menengah atas masih menjadi penopang utama konsumsi produk ritel meskipun kontribusinya melambat di tengah ketidakpastian ekonomi. Untuk menggairahkan daya beli mereka, ritel modern berinovasi.

Ekonom senior Indef, Aviliani, menjelaskan, sekitar 80 persen pertumbuhan konsumsi di dalam negeri mayoritas dikontribusi oleh 40 persen total penduduk Indonesia berkategori ekonomi menengah dan 20 persen masyarakat ekonomi teratas. Kontribusi setiap kategori pada konsumsi adalah 35 persen dan 45 persen.

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000