Promosi Saat Pemilu 2024, Mal dan Lokasi Wisata "Diserbu" Pengunjung
Pemilihan Umum 2024 turut meningkatkan kunjungan masyarakat ke mal dan tempat rekreasi hingga tembus 100 persen.
Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
·4 menit baca
Hari pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah berakhir. Pesta diskon dan beragam promosi lain yang ditawarkan pusat perbelanjaan serta taman rekreasi disambut meriah masyarakat pada Rabu (14/2/2024).
Program Klingking Fun, salah satunya, bentuk apresiasi bagi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan jari bertinta, bukti memilih. Kegiatan ini diinisiasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo). Tahun ini, mereka turut menggandeng Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja, mengatakan, rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Rabu pekan lalu meningkat sekitar 50 persen. Angka itu melebihi target kenaikan 30 persen yang ditetapkan sebelumnya. Pencapaian itu seiring dengan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 yang tembus 80 persen, melampaui batas yang ditetapkan pemerintah.
Di pusat perbelanjaan, gerai-gerai lain bahkan yang tak tergabung asosiasi-asosiasi retail dan perbelanjaan turut berpartisipasi dengan memberikan beragam promosi. Tak heran, pusat perbelanjaan ramai dikunjungi masyakarat.
“Kemarin acara di pusat belanja luar biasa ramai. Tingkat kunjungan itu sampai 50 persen-100 persen meningkat dari hari biasa. Karena tidak hanya Klingking Fun Program yang berjalan, tapi banyak juga gerai yang memberikan benefit dengan menunjukkan jari bertinta,” tutur Ketua Program Klingking Fun, Fetty Kwartati, saat dihubungi dari Jakarta, Jumat (16/2/2024).
Pusat perbelanjaan makin padat apalagi yang berlokasi dekat pemukiman warga. Fetty berpendapat, sisi gerakan dan kampanye program berhasil. Peserta industri retail dan mal banyak berpartisipasi guna memberikan benefit pada pengunjung.
“Jadi karena hampir semua gerai ikut (berpartisipasi), jadi kami memang tak punya besaran nominal absolut karena (cakupannya) seluruh Indonesia,” kata Fetty.
Ia memastikan, kenaikan penjualan gerai mulai tiga kali lipat. Tren ini hampir merata terutama pada sektor makanan dan minuman.
Hal senada diutarakan Assistant Manager Corporate Communications Grand Indonesia Annisa Hazarini. Pantauan di mal saat pesta promosi pada hari pemungutan suara terpantau ramai. Banyak antrean pada gerai-gerai makanan dan minuman yang memberi diskon khusus dengan menunjukkan jari bertinta ungu.
Meski tak menunjukkan data detail, tetapi ia meyakini tingkat kunjungan lebih tinggi dibanding hari biasa. Padahal, saat itu jam operasional mal lebih singkat karena buka lebih siang.
“Kami juga ingin memberikan keleluasaan kepada semua karyawan untuk berpartisipasi dalam pemilu terlebih dahulu, jadi operasional mal, kami sesuaikan,” ujarnya.
Kemeriahan lokasi pariwisata
Bak tak mau kalah dengan pusat perbelanjaan, beragam tempat bertamasya juga menawarkan beragam promosi bagi masyarakat yang memanfaatkan hak pilihnya. Meski rerata wahan tutup pada sore hari, tetapi antusiasme pengunjung tak berkurang.
Vice President of Media Event and Digital PT Taman Safari Indonesia (TSI), Alexander Zulkarnain, berpendapat, antusiasme pengunjung termasuk tinggi. Apalagi pihaknya memberikan beragam promosi dan program khusus untuk menyemarakkan Pemilu 2024. Namun, lokasi yang tak seluruhnya di tengah kota turut mempengaruhi jumlah kunjungan.
“Kami juga memahami (taman rekrasi) tempat kami berada, kan, ada di beberapa tempat yang memerlukan perencanaan tersendiri untuk berangkat ke lokasi kami. Jadi antusiasme tinggi, tapi kedatangannya serupa dengan long weekend pada umumnya,” ujarnya.
Para pengunjung TSI umumnya mencoblos dulu. Setelah menggenapi hak politik itu, mereka baru memanfaatkan waktu untuk berkunjung ke lokasi Grup TSI.
Solo Safari, Surakarta, salah satunya, tetap tutup pukul 17.00. Alhasil, durasi menghabiskan waktu di lokasi menjadi lebih singkat, tak semaksimal seperti di hari biasa atau hari libur lain. Jumlah kunjungan naik 100 persen, dari 600 kunjungan pada Selasa (13/2/2024) menjadi 1.200 kunjungan sehari sesudahnya.
Sementara Jakarta Aquarium Safari, Jakarta, menjual 576 tiket sehari sebelum pemungutan suara. Jumlahnya naik 62 persen pada hari pemungutan suara dengan menjual 933 tiket.
Kenaikan ini ditengarai bukan hanya karena libur Pemilu 2024, tetapi bertepatan pula dengan hari kasih sayang atau Valentine. Alhasil, banyak pasangan yang merayakan hari kasih sayang ke tempat wisata ini.
Pengelola memberikan diskon 10 persen per tiket untuk pembelian di tempat. Promosi khusus lainnya juga digelontorkan pada restoran serta penjualan cenderamata.
Tren kenaikan kunjungan pada hari pencoblosan dibanding sehari sebelumnya dialami juga oleh beberapa lokasi lainnya. Beberapa di antaranya Safari Beach (Jawa Tengah) dengan kenaikan lebih dari 230 persen, diikuti TSI Prigen (Jawa Timur) yang terdongkrak 28 persen.
Menurut data terakhir PT Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta, total pengunjung mencapai sekitar 17.000 orang pada Rabu lalu. Angka itu naik tipis dibanding rata-rata kunjungan harian yang berkisar 10.000-13.000 orang. Unit rekreasi yang paling banyak dikunjungi adalah wahana dunia air, Sea World serta taman hiburan, Dufan.
Antrean mengular hingga lebih dari 100 meter demi mendapatkan potongan harga di Sea World. Wahana itu menerapkan tarif Rp 65.000 per orang bagi pengunjung dengan jari bertinta, bukti telah mencoblos surat suara.
Harga tiket dibanderol lebih murah ketimbang hari biasa (Rp 90.000), akhir pekan Sabtu-Minggu (Rp 110.000), serta musim libur panjang (Rp 135.000).
Unit rekreasi lainnya mendapat potongan harga 50 persen per orang. Harga tiket Dufan menjadi Rp 140.000, diikuti Atlantis dan Samudra sebesar Rp 55.000, serta Jakarta Bird Land dengan Rp 45.000. Seluruh diskon ini hanya berlaku pada saat hari pemungutan suara.
“Kami tak menargetkan secara khusus, (promosi) ini lebih memberikan apresiasi bagi masyarakat yang telah mencoblos dan ingin menikmati rekreasi hemat setelahnya,” kata Kepala Humas Ancol Ariyadi Eko Nugroho (Kompas.id, 14/2/2024).