logo Kompas.id
EkonomiImbas Kereta Cepat, Pemda...
Iklan

Imbas Kereta Cepat, Pemda Didorong Revisi Tata Ruangnya

Berkaca dari China, kereta cepat akan bersaing dengan pesawat. Dalam jarak 600 kilometer, masyarakat cenderung memilih kereta cepat, begitu pula sebaliknya. Hal ini membuktikan konektivitas antarkota.

Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
· 2 menit baca
Kru Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bersiap masuk ke kereta di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Rabu (13/9/2023). Kereta ini akan digunakan Presiden Joko Widodo bersama rombongan perjalanan menuju Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Kru Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bersiap masuk ke kereta di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Rabu (13/9/2023). Kereta ini akan digunakan Presiden Joko Widodo bersama rombongan perjalanan menuju Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah daerah diingatkan untuk merevisi rencana tata ruang kabupaten dan kota yang dilalui Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jika tak diantisipasi, dampak ekonomi langsung ke daerah, bahkan ke masyarakat kelas bawah, tak terasa. Perkembangannya justru berisiko menimbulkan membeludaknya masyarakat.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, berpendapat, hampir seluruh pembangunan kereta akan berimbas pada tata kotanya. Dalam pengembangan itu, masyarakat dan pemerintah daerah perlu membaca perubahan tata ruang di kawasannya.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000