logo Kompas.id
EkonomiKopi, Nongkrong, dan Gairah...
Iklan

Kopi, Nongkrong, dan Gairah Industri Gen Z dan Milenial

Populasi Indonesia yang mayoritas Muslim membuat kedai kopi jadi tempat nongkrong bagi anak muda, bukan bar. Kaum milenial pun jadi penggerak gelombang ke-4 industri kopi yang mampu bersaing dengan gerai internasional.

Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
· 7 menit baca

Stan pameran kopi dipadati pengunjung dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023).
KOMPAS/PRIYOMBODO (PRI)

Stan pameran kopi dipadati pengunjung dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023).

Kopi bukan lagi komoditas semata, melainkan bak roh bagi banyak orang, utamanya anak muda. Tanpa kopi, hidup terasa hampa. Apresiasi pada kopi mendorong anak muda itu menciptakan beragam gebrakan baru yang menggairahkan industri kopi dalam negeri.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000