logo Kompas.id
EkonomiStrategi Alibaba
Iklan

Strategi Alibaba

Alibaba Group, kekuatan tunggal dalam industri teknologi China, pada pekan lalu mengumumkan bahwa mereka berubah menjadi perusahaan induk. Perusahaan ini membawahkan enam unit bisnis terpisah.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
Seorang pria berjalan melewati logo Alibaba di luar kantor perusahaan di Beijing, China, pada 13 April 2021.
ANTONIUS TOMY TRINUGROHO

Seorang pria berjalan melewati logo Alibaba di luar kantor perusahaan di Beijing, China, pada 13 April 2021.

Setelah lama tidak muncul di publik, pendiri Alibaba Jack Ma tampak dalam sebuah foto bertemu dengan sejumlah pelajar. Tidak hanya itu, tak lama setelah kemunculannya, Alibaba Group mengumumkan perombakan yang signifikan. Investor langsung merespons perubahan ini secara positif. Harga saham Alibaba langsung melonjak. Meski demikian, banyak pihak yang bertanya soal latar belakang perubahan besar ini.

Alibaba Group, kekuatan tunggal dalam industri teknologi China, mengumumkan pada pekan lalu bahwa mereka berubah menjadi perusahaan induk. Perusahaan ini membawahkan enam unit bisnis terpisah. Sebuah pemisahan yang disebut cukup radikal dan jarang terlihat di China. Alibaba menggambarkan ini sebagai perombakan paling signifikan dalam sejarahnya. Keenam kelompok usaha baru tersebut adalah komputasi awan, media, logistik, layanan perdagangan lokal, perdagangan digital, dan e-dagang.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000