logo Kompas.id
EkonomiInvestasi Tumbuh Sesuai...
Iklan

Investasi Tumbuh Sesuai Target, tapi Kualitasnya Dipertanyakan

Dengan strategi hilirisasi yang sedang gencar dijalankan, investasi yang masuk lebih banyak bersifat padat modal ketimbang padat karya. Investasi berkualitas untuk menciptakan lapangan kerja layak perlu jadi perhatian.

Oleh
agnes theodora
· 5 menit baca
Pengerjaan proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3 di Limo, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (23/1/2023).
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pengerjaan proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3 di Limo, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (23/1/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Di tengah melambatnya perekonomian global, kinerja investasi pada tahun 2022 berhasil tumbuh sesuai dengan target senilai Rp 1.207,2 triliun. Meski demikian, tidak jauh berbeda dari sebelumnya, capaian tersebut masih didominasi investasi padat modal. Minimnya investasi padat karya membuat target penciptaan lapangan kerja belum tumbuh sesuai ekspektasi.

Berdasarkan data Kementerian Investasi, realisasi investasi pada Januari-Desember 2022 mencapai Rp 1.207,2 triliun atau tumbuh 34 persen secara tahunan. Investasi itu berhasil memenuhi 106 persen dari target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebesar Rp 1.200 triliun.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan