logo Kompas.id
EkonomiPerluas Jangkauan Pasar Ikan...
Iklan

Perluas Jangkauan Pasar Ikan Hias

Kendati memiliki potensi besar, ekspor ikan hias Indonesia dinilai belum optimal. Digitalisasi bisa menjadi solusi memperluas jangkauan pemasaran di tingkat global.

Oleh
BM LUKITA GRAHADYARINI
· 3 menit baca
Suasana jual beli ikan hias di Pasar Ikan Hias, Parung, Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020). Pasar Ikan Hias Parung adalah salah satu pasar utama pemasok kebutuhan ikan hias di Jabodetabek.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Suasana jual beli ikan hias di Pasar Ikan Hias, Parung, Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020). Pasar Ikan Hias Parung adalah salah satu pasar utama pemasok kebutuhan ikan hias di Jabodetabek.

JAKARTA, KOMPAS — Indonesia perlu terus mengembangkan pemasaran ikan hias ke tingkat global. Sebab, potensi sumber daya ikan hiasnya besar, tetapi jangkauan pemasarannya belum optimal. Digitalisasi pemasaran melalui e-dagang bisa menjadi solusi atas problem tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia menempati peringkat kelima negara eksportir ikan hias dunia setelah Jepang, Singapura, Spanyol, dan Belanda. Pada 2021, nilai ekspor ikan hias Indonesia mencapai 34,55 juta dollar AS atau naik 12,33 persen dibandingkan tahun 2020 yang tercatat 30,76 juta dollar AS. Namun, kontribusi ikan hias Indonesia baru 9,4 persen dari total nilai perdagangan ikan hias global yang mencapai 366,61 juta dollar AS.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000