logo Kompas.id
EkonomiMenjaga Semangat Inovasi Kendaraan Listrik

Menjaga Semangat Inovasi Kendaraan Listrik

Penelitian, pengembangan, dan uji coba kendaraan listrik terus dilakukan oleh mahasiswa, perguruan tinggi, lembaga, dan pelaku industri di dalam negeri. Semangat berinovasi perlu terus dijaga guna mengejar kemandirian.

Oleh RUNIK SRI ASTUTI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/IQBAL BASYARI

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Mochamad Ashari melakukan uji kendara mobil listrik Lowo Ireng Reborn di Rektorat ITS Surabaya, Kamis (19/7/2019). Mobil listrik ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 160 kilometer per jam dan memiliki torsi 200 Newton meter.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi di Tanah Air yang aktif berinovasi di bidang kendaraan listrik. Terbaru, perguruan tinggi ini meluncurkan mobil balap formula bertenaga listrik yang diberi nama Anargya EV Mark 2.0. Mobil besutan tim Anargya ini dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi Formula Society of Automotive Engineers (FSAE) Japan, September 2022.

Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Adi Soeprijanto, kehadiran Anargya EV Mark 2.0 akan melengkapi koleksi mobil balap sebelumnya, yakni Anargya EV Mark 1.0 yang diluncurkan tahun 2019. ”Harapannya, teknologi ini tidak hanya berfokus untuk kompetisi, tetapi dapat berkembang menjadi sebuah perusahaan rintisan,” ujarnya di Graha Sepuluh Nopember ITS, Jumat (12/11/2021).

Editor: Mukhamad Kurniawan
Bagikan