logo Kompas.id
EkonomiKasus Covid-19 Melonjak, Waspadai Kemunduran Industri

Kasus Covid-19 Melonjak, Waspadai Kemunduran Industri

Penanganan kesehatan dan ekonomi tidak optimal, kasus Covid-19 ibarat bom waktu yang melandai sementara, tetapi sewaktu-waktu bisa meledak dan mengganggu perekonomian. Pemerintah diminta lebih tegas menekan penularan.

Oleh Agnes Theodora
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Petugas medis memeriksa kesehatan para peserta vaksinasi di sentra vaksinasi gotong royong Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang berada di Senayan Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Melalui sentra vaksinasi gotong royong Kadin Indonesia membantu perusahaan yang tidak memiliki kerja sama dengan fasilitas kesehatan, termasuk UMKM, untuk mendapatkan layanan vaksinasi bagi karyawan dan keluarga karyawan.

JAKARTA, KOMPAS — Lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan belakangan ini berpotensi mengganggu kinerja industri yang mulai ekspansif. Jika situasi tidak cepat terkendali dengan pembatasan aktivitas dan vaksinasi yang gencar, laju pemulihan ekonomi akan kembali melambat dan Indonesia bisa lebih lama terjebak dalam resesi. 

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Industri Johnny Darmawan, Senin (21/6/2021), mengatakan, perekonomian tidak akan kembali normal selama Covid-19 tidak selesai diatasi. Meski industri sempat memasuki zona ekspansif, kondisi itu tidak akan bertahan lama karena pandemi belum terkendali sepenuhnya.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..