Antam dan Mitra Hadirkan Produk Emas Terjangkau untuk Masyarakat
Melalui kehadiran emas dengan pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram, Antam turut memberikan opsi yang lebih bervariasi. Investasi emas pun semakin mudah dijangkau oleh beragam lapisan masyarakat.
Oleh
M Paschalia Judith J
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Semakin kecil jumlah pecahan emas yang beredar, makin banyak masyarakat yang berpotensi mengaksesnya. Oleh karena itu, PT Aneka Tambang Tbk atau Antam bersama dengan PT Abuki Jaya Stainless Indonesia dan PT Hartadinata Abadi Tbk meluncurkan produk emas dengan pecahan di bawah 0,5 gram.
Kolaborasi tersebut membuahkan produk bernama Emaskita (Emas Kecil Investasi Terpercaya dan Aman) yang berupa logam mulia (kadar 99,99 persen) skala mikro dengan pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram. Selain itu, ada juga produk Kencana yang merupakan koleksi perhiasan emas 24 karat dengan kadar 99,99 persen, misalnya cincin, kalung, atau gelang.
Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis Antam Risono menyebutkan, pengolahan dan permurnian logam mulia menjadi andalan Antam. ”Kami ingin penetrasi ke emas kecil dan perhiasan emas di pasar domestik. Berkolaborasi dengan Hartadinata menjadi strategi kami. Dalam kerja sama ini, Antam sebagai pemasok bahan baku,” katanya saat konferensi pers secara daring, Selasa (22/6/2021).
Selama ini, lanjut Risono, Antam fokus pada bisnis logam mulia, khususnya emas batangan dengan pecahan 0,5 gram ke atas. Melalui kehadiran emas dengan pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram, Antam turut memberikan opsi yang lebih bervariasi. Investasi emas pun semakin mudah dijangkau oleh beragam lapisan masyarakat. Selain itu, masyarakat juga dapat membeli perhiasan emas sebagai instrumen investasi jangka panjang.
Investasi emas pun semakin mudah dijangkau oleh beragam lapisan masyarakat. Selain itu, masyarakat dapat membeli perhiasan emas sebagai instrumen investasi jangka panjang.
Risono menambahkan, masyarakat dapat menabung emas pecahan mikro dan menukarnya dengan emas batangan Antam. Pembelian dan penjualan logam mulia mengikuti fluktuasi harga emas dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman logammulia.com, harga emas pada Selasa senilai Rp 932.000 per gram. Harga ini lebih tinggi Rp 9.000 per gram dibandingkan pada Senin (21/6/2021).
Sementara itu, PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI) berperan dalam mengawasi proses pengolahan bahan baku dari Antam menjadi produk Emaskita dan Kencana di pabrik Hartadinata di Bandung, Jawa Barat. ”Kami mengawasi dari sejak bahan baku sampai di pabrik, hingga diproses dan dimasukkan di brankas,” ujar Direktur Utama Abuki Jaya Stainless Indonesia Bambang Wijanarko dalam kesempatan yang sama.
Dia mengatakan, perusahaan telah membentuk instruksi kerja untuk produksi Emaskita dan Kencana di pabrik Hartadinata yang mengacu pada standardisasi proses dan produk dari Antam. Akurasi alat, seperti timbangan, menjadi kunci. Dia berharap acuan tersebut dapat menghasilkan sistem pengawasan yang konsisten.
Begitu dipasarkan, konsumen dapat mengecek keaslian produk dengan memindai kode respons cepat (QR) pada kemasan yang terhubung dengan laman www.emaskita.id. Setelah mengisi data pembelian, konsumen memindai kembali kode QR yang tertera dan memperoleh konfirmasi keaslian produk. Dari kemasan, konsumen juga dapat melihat tanda hologram AJSI yang menandakan produk telah lulus uji verifikasi.
Korporasi memiliki inovasi teknologi yang membuat perhiasan dari emas murni tersebut tidak terasa lunak dan tidak mudah tergores ataupun bengkok.
Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk Sandra Sunanto mengatakan, verifikasi tersebut dilakukan pada produk satu demi satu, bukan pengambilan uji sampel. Terkait produk Kencana, dia mengatakan, korporasi memiliki inovasi teknologi yang membuat perhiasan dari emas murni tersebut tidak terasa lunak dan tidak mudah tergores ataupun bengkok. ”Dengan demikian, masyarakat kini dapat mengenakan perhiasan berbahan baku logam mulia sebagai bentuk gaya hidup ataupun citra diri,” katanya.
Saat ini, investor ataupun konsumen dapat memperoleh produk Emaskita dan Kencana di toko emas jaringan resmi dan rekanan Hartadinata. Khusus produk Emaskita, masyarakat dapat membelinya secara daring di toko resmi Hartadinata di lokapasar Tokopedia. Selain itu, ada 16 desain gift set dan satu edisi premium Emaskita yang tengah ditawarkan.