logo Kompas.id
EkonomiPartisipasi UMKM dalam Pameran...
Iklan

Partisipasi UMKM dalam Pameran Virtual Terkendala Pemahaman

Situs Wirakarya didesain menyerupai pameran UMKM fisik. Ada panggung bagian dari situs yang disebut panggung utama hingga deretan pelaku UMKM yang memamerkan produknya.

Oleh
M Paschalia Judith J
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9VK4U-9ihvrVYYPBr6W-igpFE7s=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2Fbdeb48fe-cb2f-40e5-9e11-24b31dd95183_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Seorang pegawai tempat usaha pembuatan dan penjualan pernak-pernik dan buah tangan memotret produk-produk dagangan untuk dijual secara daring di kiosnya di Pasar Santa, Jakarta, Selasa (20/7/2020). Untuk menyiasati sepinya penjualan secara temu muka akibat pandemi Covid-19, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjual produk-produknya secara daring dengan memanfaatkan media sosial dan laman pemasaran e-dagang.

JAKARTA, KOMPAS — Pameran di ruang digital dapat menjadi alternatif pemasaran produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Namun, partisipasi pelaku UMKM dalam pameran virtual itu kerap terkendala pemahaman tentang pemasaran secara daring atau virtual.

Wirakarya 2020 merupakan salah satu pameran produk UMKM di ruang digital atau virtual yang diinisiasi Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera. Masyarakat dapat mengakses pameran yang digelar pada 24-26 Juli 2020 itu di laman https://wirakarya.idiex.id/.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000