logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanUniversitas Okmin di Pegunungan Bintang untuk Anak-anak Muda Pedalaman Papua

Universitas Okmin di Pegunungan Bintang untuk Anak-anak Muda Pedalaman Papua

Papua menambah satu lagi perguruan tinggi. Kali ini berdiri Universitas Okmin di Pegunungan Bintang, Papua. Ini diharapkan memberikan akses pendidikan lebih besar bagi masyarakat setempat.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMENTASI KEMENDIKBUDRISTEK

Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana (kanan) menyambut gembira peresmian Universitas Okmin di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, tepat saat HUT Ke-76 RI, Selasa (17/8/2021). Peresmian secara virtual ditandai dengan penyerahan surat keputusan Mendikbudristek oleh Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Nizam.

JAKARTA, KOMPAS — Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia dijadikan momentum untuk menghadirkan perguruan tinggi di pedalaman Papua. Peresmian Universitas Okmin di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (17/8/2021), menjadi komitmen kehadiran negara untuk memastikan layanan pendidikan dapat dinikmati anak-anak muda bangsa di mana pun.

Peresmian pendirian Universitas Okmin dilakukan secara virtual meskipun sinyal internet di Pegunungan Bintang tidak stabil. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nizam menyerahkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 344/E/O/2021 tentang Izin Pendirian Universitas Okmin Papua di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Okmin Papua. Turut menyaksikan Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan