logo Kompas.id
DeskPersoalan Perumahan...
Iklan

Persoalan Perumahan Mendominasi Keluhan Konsumen

Dalam beberapa tahun terakhir, persoalan perumahan selalu mendominasi pengaduan konsumen ke sejumlah lembaga. Posisi konsumen perumahan yang rentan dalam kontrak dan minim pemahaman soal properti rawan menjadi korban.

Oleh
TIM KOMPAS
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/kJgBIJBgW3ZikaEIpFwsmcb7F04=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F10%2F20211006_HR_Perumahan-Avara-First-Hill-Ciampea-Bogor-_1633502385.jpg
HENDRICUS ARGA

Perumahan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang terhenti pembangunannya, seperti terlihat, Jumat (24/10/2021)

JAKARTA, KOMPAS — Masalah wanprestasi perumahan mendominasi kanal-kanal aduan milik lembaga perlindungan konsumen. Banyaknya jumlah aduan itu turut menandai ada persoalan yang terus berulang dan perlu pembenahan.

Sengketa perumahan menjadi aduan terbanyak yang dihimpun Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN). Ada 2.722 aduan konsumen yang masuk selama rentang tahun 2007 hingga pertengahan 2021. Sebanyak 524 aduan atau sekitar seperlima dari total aduan itu terjadi pada 2020 di masa pandemi Covid-19.

Editor:
Harry Susilo
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000