logo Kompas.id
DeskIndustri Bantu Pusat Pengumpulan Sampah Hasilkan Profit

Industri Bantu Pusat Pengumpulan Sampah Hasilkan Profit

Pemerintah telah memfasilitasi infrastruktur pengelolaan sampah dengan pembangunan TPS 3R. Demi memperkuat ekosistem tersebut, pelaku industri terjun untuk membuat TPS 3R yang memiliki nilai bisnis.

Oleh M Paschalia Judith J
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Warga di Gang Sari Dewi, Banjar Tegeh Sari, Denpasar Utara, menjalankan program pengelolaan sampah dari rumah tangga. Suasana di pos Bank Sampah Sari Dewi ketika warga mengumpulkan dan menimbang sampah, Minggu (20/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Keuntungan dari pusat pengumpulan atau collection centre berperan strategis dalam menjaga kontinuitas pengelolaan sampah yang memenuhi prinsip ekonomi sirkular. Oleh sebab itu, industri pengguna kemasan terjun untuk membantu pelaku-pelaku pusat pengumpulan dalam menciptakan nilai tambah.

Menurut General Manager Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO) Zul Martini Indrawati, pemerintah telah memfasilitasi infrastruktur pengelolaan sampah dengan membangun tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R) hingga ke tingkat desa. ”Dari ekosistem tersebut, kami ikut mendukung pengembangan collection center menjadi bisnis yang menghasilkan profit,” katanya dalam diskusi virtual berjudul ”The Importance of Multistakeholder Partnership to Accelerate Circular Economy in IndonesiaV yang diadakan IPRO, Rabu (21/7/2021).

Editor: M Fajar Marta
Bagikan
Memuat data..