logo Kompas.id
Bebas AksesKirab untuk Investasi Pemilih ...
Iklan

Kirab untuk Investasi Pemilih Cerdas

Kirab pemilu tak sekadar untuk menyosialisasikan pesta demokrasi kepada masyarakat, tetapi juga menjadi investasi untuk menciptakan pemilih cerdas.

Oleh
IQBAL BASYARI, HIDAYAT SALAM
· 6 menit baca
Santri mengibarkan bendera Merah Putih saat kegiatan Peci Santri (kompetisi ceramah demokrasi antarsantri) yang merupakan bagian dari Kirab Pemilu 2014 di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Santri mengibarkan bendera Merah Putih saat kegiatan Peci Santri (kompetisi ceramah demokrasi antarsantri) yang merupakan bagian dari Kirab Pemilu 2014 di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).

Suara ceramah menggema di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Al-Hakim, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023). Para santri dari sejumlah pesantren bergantian menunjukkankemahiran dalam menyiarkan dakwah. Berbeda dengan ceramah pada umumnya yang bertemakan agama, kali ini para pendakwah muda membawakan tausiah tentang Pemilu 2024.

Nadi Ibrahim (17), salah satunya. santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah Al-Hakim, itu menyampaikan tausiah mengenai kriteria yang mesti diperhatikan dalam memilih calon pemimpin bangsa. Dalam ceramah selama 10 menit itu, ia mengajak untuk memilih calonpemimpin yang memiliki sifat-sifat seperti Nabi Muhammad SAW. Sifat itu antara lain siddiq atau jujur, amanah atau dapat dipercaya, tabligh atau menyampaikan, dan fatanah atau cerdas.

Ia juga menekankan agar pemimpin bertanggung jawab terhadap nasib rakyatnya. Jangan memilih pemimpin yang justru akan menelantarkan rakyat, terutama masyarakat kecil.

”Saya ingin mengingatkan masyarakat agar tidak salah memilih pemimpinnya di Pemilu 2024. Pemimpin yang terpilih harus bisa membuat bangsa Indonesia menuju arah yang lebih baik,” ujar Nadi.

Baca juga: Pemilu dari Sabang sampai Merauke

Salah satu peserta berceramah saat mengikuti Peci Santri (kompetisi ceramah demokrasi antarsantri) yang merupakan bagian dari Kirab Pemilu 2014 di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Salah satu peserta berceramah saat mengikuti Peci Santri (kompetisi ceramah demokrasi antarsantri) yang merupakan bagian dari Kirab Pemilu 2014 di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).

Santri lain, Ruhuddin Firdaus Asari (24), mengingatkan pemilih untuk tidak tergoda dengan janji-janji manis dari para calon anggota legislatif dan calon presiden. Santri dari Ponpes Darussalam Al-Islami itu mengingatkan untuk lebih teliti melihat rekam jejak calon pemimpin. Hal ini agar pemimpin terpilih bisa menjadikan bangsa Indonesia makin maju.

Nadi dan Ruhuddin adalah dua dari 30 santri yang mengikuti Kompetisi Ceramah Demokrasi Antar-Santri (Peci Santri). Kompetisi itu digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor sebagai bagian dari rangkaian Kirab Pemilu 2024.

Pataka kirab pemilu lengkap dengan 18 bendera partai politik berada di Kabupaten Bogor sejak Senin (13/11/2023). Selama enam hari kirab pemilu di Kabupaten Bogor, jajaran penyelenggara pemilu, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa, menyosialisasikan pemilu di kampus, sekolah, pesantren, pasar, dan tempat wisata.

Berbagai kegiatan itu digelar karena pemilih pemula harus dibekali pendidikan politik yang memadai agar mereka menggunakan hak pilih secara rasional. Pendidikan pemilih sejak dini bisa menjadi investasi jangka panjang sebagai bekal dalam memilih pada pesta demokrasi selanjutnya.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan mengatakan, pemilih pemula merupakan salah satu segmen pemilih yang menjadi perhatian. Sebab, di Kabupaten Bogor, jumlahnya lebih dari 700.000 orang atau 18,4 persen dari total 3,8 juta pemilih.

Berbagai kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih pun digelar untuk para pemilu pemula. Selain Peci Santri, KPU Kabupaten Bogor juga mengadakan lomba gagasan dan ide kepemiluan antarbadan eksekutif mahasiswa (BEM) di IPB University. Lomba baris-berbaris Electoral Drill Competition juga diselenggarakan untuk siswa sekolah menengah atas.

Sama halnya kirab di daerah lain, KPU Kabupaten Bogor pun menggelar sosialisasi pemilu kepada pedagang dan pembeli melalui gerebek pasar dan konvoi bersama komunitas sepeda motor.

Para santri mengikuti kegiatan Peci Santri (kompetisi ceramah demokrasi antarsantri) yang merupakan bagian dari Kirab Pemilu 2014 di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Para santri mengikuti kegiatan Peci Santri (kompetisi ceramah demokrasi antarsantri) yang merupakan bagian dari Kirab Pemilu 2014 di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).

Herry menjelaskan, berbagai kegiatan itu digelar karena pemilih pemula harus dibekali pendidikan politik yang memadai agar mereka menggunakan hak pilih secara rasional. Pendidikan pemilih sejak dini bisa menjadi investasi jangka panjang sebagai bekal dalam memilih pada pesta demokrasi selanjutnya.

Kirab 287 hari

Kirab Pemilu 2024 dimulai tepat satu tahun menjelang pemungutan suara Pemilu 2024, yaitu 14 Februari 2023, dan berakhir pada 27 November 2023. Kirab diinisiasi pimpinan KPU 2022-2027, yakni Hasyim Asy’ari, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, dan Idham Holik, bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno. Ada tujuh rute dengan total 306 kabupaten/kota yang dilalui selama kirab 287 hari tersebut. Kirab berlangsung selama enam hingga tujuh hari di satu daerah sebelum dilanjutkan ke kabupaten/kota berikutnya.

Iklan

Kirab pemilu di Kabupaten Bogor merupakan rangkaian kirab di jalur II. Pada jalur ini, kirab dimulai dari Kota Batam, Kepulauan Riau, melintasi sebagian wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Saat ini, rangkaian kirab pemilu jalur II tengah berada di kota terakhir, yakni Kota Depok, Jawa Barat, sebelum berakhir di Jakarta, awal pekan depan.

https://cdn-assetd.kompas.id/2ythroAMVtqsQmwl8NAePn-fvBg=/1024x917/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F11%2F21%2F7219ac59-cdd7-4174-bf38-52a1bdcabf5a_png.png

Pekan lalu, kirab pemilu juga diselenggarakan oleh KPU Kota Tangerang, Banten, yang merupakan bagian dari kirab pemilu jalur I. Pada jalur ini, kirab dimulai dari Kota Banda Aceh, Aceh, kemudian melintasi sebagian wilayah Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Banten.

Saat serah terima kirab pemilu dari KPU Kota Serang kepada KPU Kota Tangerang, puluhan bendera yang terdiri dari bendera Merah Putih, bendera aneka warna lambang 18 partaipolitik, dan bendera berlogo pondok pesantren berkibar-kibar dari Taman Elektrik, Kota Tangerang, Minggu (12/11/2023) pagi.

Lebih dari 10.000 orang dari kalangan santri, anggota partai politik, hingga masyarakat tumpah ruah di taman seluas 3.000 meter persegi itu. Mereka mengikuti Kirab Pemilu 2024 di Kota Tangerang yang digelar bersamaan dengan kirab santri dalam rangkaian Hari Santri Nasional.

Acara kirab di Kota Tangerang dimulai dengan istigasah. Harapannya, pemilu yang berlangsung di Indonesia, terutama Kota Tangerang dapat berjalan dengan damai, kondusif, dan lancar.

Para santriwan menyanyikan Mars Hari Santri saat mengikuti Kirab Santri dan Kirab Pemilu 2024 di Taman Elektrik, Kota Tangerang, Banten, Minggu (12/11/2023).
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Para santriwan menyanyikan Mars Hari Santri saat mengikuti Kirab Santri dan Kirab Pemilu 2024 di Taman Elektrik, Kota Tangerang, Banten, Minggu (12/11/2023).

Kirab pemilu di Kota Tangerang memang digelar bersamaan dengan kirab santri. Anggota KPU Kota Tangerang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Qori Ayatullah, menuturkan, selain dikenal sebagai kota industri, Kota Tangerang juga dikenal sebagai kota santri. Hal itulah yang mendasari KPU Kota Tangerang mengemas sosialisasi pemilu dalam acara kirab santri yang meriah.

Kirab ini juga menjadi pintu masuk bagi KPU menyosialisasikan kepemiluan kepada para santri dan pengelola pesantren. Mereka dapat memberikan dukungan penuh terhadap program sosialisasi pemilu yang dilakukan oleh KPU.

”Lebih dari 10.000 santri hadir dengan mengenakan berbagai seragamnya. Ada yang mengenakan pakaian putih, hitam, dan hijau. Semua hadir untuk memberikan dukungankepada KPU,” kata Qori.

Baca juga: Kirab Demokrasi bagi Pemilih Pemula

Sosialisasi kepada para santri sebelumnya dilakukan pula oleh KPU Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Pada Jumat (14/7/2023), sebanyak 18 lambang partai politik yang diarak dalam rangkaian kirab pemilu dikenalkan kepada santri Ponpes Al-Bukhori. Selain untuk sosialisasi, kegiatan ini juga diisi dengan pembagian suvenir, pamflet dan kalender nuansa pemilu, serta gelas dan botol air kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Pembuatan KTP elektronik

Kirab pemilu di Kota Tangerang juga menyasar siswa sekolah menengah atas. Sosialisasi, salah satunya, berlangsung di SMA Strada Santo Thomas Aquino, Kota Tangerang. Sekitar 200 siswa di SMA itu mendapatkan beragam informasi, mulai dari hari pemungutan suara, tata cara memilih, hingga 18 partai politik peserta pemilu. Mereka juga menerima pamflet berisi informasi mengenai jadwal dan peserta pemilu serentak 2024 yang dibagikan petugas PPK dan PPS.

Suasana proses perekaman data untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik di SMA Strada Santo Thomas Aquino, Kota Tangerang, Banten, Senin (13/11/2023). Pembuatan KTP elektronik untuk pemilih pemula oleh Dinas Dukcapil Kota Tangerang tersebut merupakan rangkaian sosialisasi dan Kirab Pemilu 2024 yang diselenggarakan KPU Kota Tangerang ke sejumlah sekolah.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Suasana proses perekaman data untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik di SMA Strada Santo Thomas Aquino, Kota Tangerang, Banten, Senin (13/11/2023). Pembuatan KTP elektronik untuk pemilih pemula oleh Dinas Dukcapil Kota Tangerang tersebut merupakan rangkaian sosialisasi dan Kirab Pemilu 2024 yang diselenggarakan KPU Kota Tangerang ke sejumlah sekolah.

Seusai mengikuti sosialisasi pemilu, para siswa secara bergiliran melakukan perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. Pembuatan KTP elektronik untuk pemilih pemula itu difasilitasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kota Tangerang bersama KPU. Selain di SMA Strada Santo Thomas Aquino, pembuatan KTP elektronik juga dilakukan di SMAN 2 Kota Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, lewat kirab pemilu, para pemilih dapat menjadi pemilih yang cerdas dan tidak mudah termakan hoaks di media sosial. Selain itu, para pemilih pemula juga diharapkan dapat memilih calon pemimpin yang memiliki visi dan misi sesuai dengan hati nurani.

Kota Tangerang merupakan salah satu dari dua kota terakhir dalam kirab pemilu di Provinsi Banten. Kini, pataka kirab pemilu untuk jalur I sudah berada di Kota Tangerang Selatan.

Kendaraan Kirab Pemilu 2024 melintas di Jalan TMP Taruna, Kota Tangerang, Banten, Minggu (12/11/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar Kirab Pemilu 2024 yang berlangsung di Taman Elektrik Kota Tangerang dan dilanjutkan dengan berkeliling di sejumlah kawasan di Kota Tangerang.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Kendaraan Kirab Pemilu 2024 melintas di Jalan TMP Taruna, Kota Tangerang, Banten, Minggu (12/11/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar Kirab Pemilu 2024 yang berlangsung di Taman Elektrik Kota Tangerang dan dilanjutkan dengan berkeliling di sejumlah kawasan di Kota Tangerang.

”Kirab pemilu tak hanya menjadi ajang sosialisasi pemilu. Kirab juga digelar untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Syailendra.

Saat ini rangkaian kirab pemilu di tujuh jalur telah memasuki kota-kota terakhir. Kirab akan berakhir di Jakarta, Senin (27/11/2023), sekaligus menandai deklarasi kampanye damai yang akan diikuti tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000