logo Kompas.id
Analisis EkonomiPerlindungan Konsumen dan...
Iklan

Perlindungan Konsumen dan Keuangan Digital

Isu perlindungan konsumen di tengah pesatnya digitalisasi sektor keuangan tidak hanya menitikberatkan pada satu pihak. Isu ini harus diatasi oleh regulator, industri, dan masyarakat.

Oleh
MIRZA ADITYASWARA
· 5 menit baca
Petugas melayani nasabah yang hendak menambah jumlah saldo uang elektroniknya di gerai Ovo di pusat perbelanjaan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).
KOMPAS/PRIYOMBODO (PRI)

Petugas melayani nasabah yang hendak menambah jumlah saldo uang elektroniknya di gerai Ovo di pusat perbelanjaan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).

Beradaptasi atau punah. Mungkin inilah yang dapat menggambarkan dampak dari digitalisasi kepada kehidupan saat ini. Banyak masyarakat awalnya resisten terhadap digitalisasi, tetapi hal itu sepertinya tidak terelakkan lagi.

Setidaknya beberapa indikator menunjukkan dampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia. Investasi pada perusahaan digital di Indonesia berkembang pesat.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000