logo Kompas.id
Antara Peran Bisnis dan Agen Perubahan

Antara Peran Bisnis dan Agen Perubahan

Oleh
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo (kiri) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (keempat dari kiri) meninjau pembangunan rumah susun sederhana milik berkonsep Transit Development Oriented di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Selasa (15/8). Rumah susun tiga menara itu diutamakan untuk warga penghasilan rendah.

Profesionalisme, transparansi, dan tata kelola yang baik menjadi kunci agar BUMN dapat menjalankan fungsi pelayanan umum. Pasal 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN menjelaskan, tujuan utama badan usaha ini adalah mengejar keuntungan. Dalam pasal 66 undang-undang yang sama dinyatakan BUMN punya misi lain, yakni menyelenggarakan fungsi kemanfaatan umum. Jelas bahwa undang-undang menetapkan BUMN harus untung sekaligus melayani kepentingan umum.

Pertanyaannya, bagaimana BUMN bisa memberi untung yang sebanyak-banyaknya kepada negara sembari tetap menjalankan fungsi pelayanan umum? Dalam acara diskusi Satu Meja bertajuk ”Rini Menjawab” di Kompas TV, Senin (23/10), Menteri BUMN Rini Soemarno yang diwawancarai Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, dua tanggung jawab itu harus dijalankan secara seimbang. Syaratnya, jajaran direksi selaku penanggung jawab operasional harian sebuah BUMN adalah orang pilihan yang punya integritas dan kapasitas.

Editor:
Bagikan