logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊImigrasi Ubah Informasi, KPK...

Imigrasi Ubah Informasi, KPK Sebut Harun Masiku Sudah Dicegah ke Luar Negeri

KPK menyebutkan, informasi dari Imigrasi hanya satu dari sejumlah informasi yang diterima KPK untuk memburu Harun Masiku. Berangkat dari informasi lain itu, KPK meminta Harun dicegah ke luar negeri sejak awal pekan lalu.

Oleh
SHARON PATRICIA/DHANANG DAVID ARITONANG/INSAN ALFAJRI
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/esXTIP5ZOruoP_DCdcSQj5lcCGM=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2F20200113_ENGLISH-PASCA-OTT-KPK_A_web_1578925230.jpg
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (dua dari kanan) didampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (kiri) saat gelar barang bukti sebelum menetapkan komisioner KPU, Wahyu Setiawan, sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap penggantian antar-waktu anggota DPR, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Salah satu yang diduga memberikan suap, Harun Masiku, hingga kini masih diburu oleh KPK.

JAKARTA, KOMPAS β€” Komisi Pemberantasan Korupsi menyebutkan informasi yang ternyata keliru dari pihak Imigrasi yang menyatakan Harun Masiku, tersangka pemberi suap kepada komisioner Komisi Pemilihan Umum, Wahyu Setiawan, berada di luar negeri, hanya satu dari sejumlah informasi yang diperoleh KPK untuk mencari Harun.

Berangkat dari informasi lain itu, KPK telah melayangkan permintaan pencegahan Harun ke luar negeri sejak Senin (13/1/2020) dan telah ditindaklanjuti oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Editor:
Antonius Ponco Anggoro
Bagikan