logo Kompas.id
Politik & HukumNilai-nilai ”Samurai” dari Soka...

Nilai-nilai ”Samurai” dari Soka...

Hujan ringan mengguyur Tokyo, Jepang, di awal Januari. Begitu pula di bagian barat Kota Tokyo, tepatnya di kawasan Hachioji, tempat Soka University berada. Mendung menggelayut sedari pagi.

Oleh Rini Kustiasih
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RINI KUSTIASIH

Bangunan gedung belajar untuk kalangan mahasiswa international atau global building dari Soka University di Tokyo, Jepang, Selasa (7/1/2020). Di gedung ini, Megawati dijadwalkan untuk memberikan ceramahnya di hadapan sivitas akademika dan mahasiswa seusai penganugerahan Doctor Honoris Causa bidang Kemanusiaan dari Soka University.

”Kalau Anda datang pada musim semi, sekitar April atau Mei, Anda akan melihat bunga-bunga sakura yang jumlah pohonnya sekitar 3.000 batang di kampus ini bermekaran. Indah sekali. Sayang sekali, sekarang musim dingin,” ucap Yoshihisa Baba, Rektor Soka University kepada Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 RI, Rabu (8/1/2020).

Pagi itu, Megawati dianugerahi gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan dari Soka University. Ia menjadi tokoh Indonesia kelima yang menerima anugerah tersebut setelah Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, dan mantan Duta Besar RI untuk Jepang Jusuf Anwar.

Editor: Suhartono
Bagikan
Memuat data..