logo Kompas.id
UtamaKesiapsiagaan Bencana di Labuan Bajo Rendah

Kesiapsiagaan Bencana di Labuan Bajo Rendah

Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTB, belum memiliki kesiapsiagaan bencana yang ideal. Hal itu tecermin dari proses pembangunan kawasan yang tak disertai kajian risiko bencana serta penganaktirian BPBD setempat.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/NIKOLAUS HARBOWO

Sebuah hotel akan dibangun di Jalan Kampung Ujung Waicicu, Kelurahan Labuan Bajo, Sabtu (21/12/2019). Fondasi sudah terbangun di lereng yang memiliki sudut kemiringan hingga 60 persen.

LABUAN BAJO, KOMPAS — Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat, belum memiliki kesiapsiagaan bencana yang ideal. Hal itu tecermin dari proses pembangunan kawasan yang tak disertai kajian risiko bencana serta penganaktirian Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat. Padahal, Labuan Bajo memiliki ancaman geologi, vulkanologi, dan tsunami yang sangat nyata.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, Labuan Bajo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) seharusnya mendapatkan perhatian yang tinggi dari pemerintah daerah terkait kesiapsiagaan bencana. Namun, dia sangat menyayangkan, kondisi tata ruang di kawasan tersebut ternyata masih sangat jauh dari ideal.

Editor:
Pascal Bin Saju
Bagikan