logo Kompas.id
UtamaPemerintah Mendesain Enam Program Perbaikan

Pemerintah Mendesain Enam Program Perbaikan

Pemerintah mendesain enam program perbaikan neraca perdagangan yang akan dieksekusi dalam satu tahun mendatang. Program jangka pendek ini sebagai pijakan untuk memulai transformasi ekonomi nasional.

Oleh
KARINA ISNA IRAWAN
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan peti kemas, Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (11/11/2019). Presiden Joko Widodo meminta menteri Kabinet Indonesia Maju, yang terkait untuk memperbaiki defisit neraca perdagangan dengan menggenjot kinerja ekspor melalui pencarian pasar nontradisional dan meningkatkan perjanjian perdagangan bebas dalam meningkatkan ekspor Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS — Pemerintah mendesain enam program perbaikan neraca perdagangan yang akan dieksekusi dalam satu tahun mendatang. Program jangka pendek ini sebagai pijakan untuk memulai transformasi ekonomi nasional.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, program perbaikan neraca dagang jangka pendek mulai dilaksakan pada 2020. Fokusnya untuk mengurangi impor minyak dan gas, serta mengembangkan substitusi impor.

Editor:
Pascal Bin Saju
Bagikan