logo Kompas.id
NusantaraBencana Alam Mengubur Peradaban Kuno Jombang

Bencana Alam Mengubur Peradaban Kuno Jombang

Rangkaian bencana alam, terutama letusan gunung dan banjir, diduga kuat sebagai penyebab keruntuhan sejumlah peradaban kuno di sekitar Sungai Brantas, Jawa Timur.

Oleh AMBROSIUS HARTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Peneliti melakukan kegiatan survei detail bawah tanah dengan metode georadar di Petirtaan Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur, Rabu (11/12/2019).

JOMBANG, KOMPAS — Rangkaian bencana alam, terutama letusan gunung dan banjir, diduga kuat sebagai penyebab keruntuhan sejumlah peradaban kuno di sekitar Sungai Brantas di Jawa Timur, termasuk di Jombang. Jejak reruntuhan dari masa Medang hingga Majapahit ditemukan terkubur dalam tanah yang antara lain mengandung endapan lumpur dan material vulkanik masa silam.

Di Jombang, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim meminta tim peneliti geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dan Universitas Pertamina Jakarta untuk memindai temuan struktur bata kuno di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, dan Dusun Kedaton, Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek.

Editor: Mohamad Final Daeng
Bagikan
Memuat data..