logo Kompas.id
Pendidikan & KebudayaanPerempuan Masih Tertinggal dari Laki-laki di Sejumlah Bidang

Perempuan Masih Tertinggal dari Laki-laki di Sejumlah Bidang

Perempuan Indonesia masih tertinggal dari laki-laki, terutama dalam pendidikan, kesehatan, dunia kerja, serta akses dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Oleh Sonya Hellen Sinombor
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SONYA HELLEN SINOMBOR

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Sri Soelistyowati, menyampaikan materi pada Seminar “Publikasi Data dan Informasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2019” yang merupakan kerjasama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan BPS, Selasa (3/12/2019) di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS —  Kendati terdapat sejumlah kemajuan dan peningkatan dalam indeks pembangunan jender dalam sembilan tahun terakhir, hingga kini masih ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan di Indonesia. Perempuan masih tertinggal dari laki-laki terutama  dalam  pendidikan, kesehatan, dunia kerja, serta akses dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kendati demikian, perkembangan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Indonesia dalam sembilan tahun terakhir meningkat dari 68,15 (2010) menjadi 72,10 (2018). Selain karena persentase perempuan dalam parlemen yang mencapai 17,32 persen, peningkatan tersebut disumbang oleh persentase perempuan sebagai tenaga profesional, manajer, dan teknisi sebesar 47,02 persen, serta persentase sumbangan pendapatan perempuan sebesar 36,70 persen.

Editor: Yovita Arika
Bagikan
Memuat data..