logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiAturan Main Baru Diapresiasi dengan Sejumlah Catatan

Aturan Main Baru Diapresiasi dengan Sejumlah Catatan

Sejumlah poin dalam aturan main baru untuk mengimpor bahan baku industri daur ulang diapresiasi meski disertai catatan dan kritik. Aturan baru dalam Permendag Nomor 84/2019 ini dinilai masih memiliki celah dumping.

Oleh ICHWAN SUSANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ICHWAN SUSANTO

Material daur ulang yang diimpor dari sejumlah negara ke perusahaan daur ulang di Kabupaten Tangerang, Banten, masih kotor. Pengotor berupa aneka sampah tersebut dipilah masyarakat dan residunya yang tak lagi memiliki nilai ekonomi dibakar maupun ditumpuk seperti gambar yang diambil di Sindangjaya, Tangerang ini, 5 September 2019.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 84 Tahun 2019 bisa mengantisipasi masuknya sampah pencampur pada komoditas plastik. Namun, aturan ini dinilai masih bias.

JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah poin dalam aturan main baru untuk mengimpor bahan baku industri daur ulang diapresiasi meski disertai sejumlah catatan dan kritik. Aturan baru dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 84 Tahun 2019 tersebut dinilai masih memiliki celah terjadinya dumping. Ini berpotensi mengulang masuknya sampah dan residu bahan baku tersebut ke wilayah Indonesia.

Editor: Yovita Arika
Bagikan
Memuat data..