logo Kompas.id
UtamaDalam Jerat Sengketa Lahan Eks Bioskop Tua Yogyakarta (3)

Dalam Jerat Sengketa Lahan Eks Bioskop Tua Yogyakarta (3)

Pembangunan gedung relokasi pedagang kaki lima di Malioboro, Kota Yogyakarta, sejak awal dijerat sengketa lahan. Mahkamah Agung menguatkan putusan PTUN Yogyakarta memenangi gugatan ahli waris lahan bekas bioskop itu.

Oleh HARIS FIRDAUS
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Alat berat digunakan untuk merobohkan bangunan bekas bioskop Indra di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (28/3/2018). Lahan yang dulu ditempati oleh perusahaan NV Javasche Bioscoop En Bouw Maatschappij ini akan digunakan sebagai tempat relokasi pedagang kaki lima sebagai bagian upaya revitalisasi kawasan Malioboro.

Pembangunan tempat relokasi pedagang kaki lima di kawasan wisata Malioboro, Kota Yogyakarta, diwarnai sejumlah masalah. Sejak awal, salah satu persoalan yang membayangi proyek itu adalah status lahan yang masih dalam proses sengketa. Tulisan ini merupakan bagian ketiga dari tiga tulisan terkait proyek tersebut. 

Sejak akhir 2018, pembangunan konstruksi tempat relokasi pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro sebenarnya telah selesai. Namun, hingga kini, gedung yang menempati lahan eks bioskop Indra itu belum bisa digunakan. Salah satu alasannya, pekerjaan penataan lanskap belum selesai.

Editor: Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Memuat data..