logo Kompas.id
UtamaCermat Sebelum Membeli

Cermat Sebelum Membeli

Pembangunan hunian di kawasan terintegrasi sistem transportasi massal makin marak di kota-kota besar. Minat pembeli dinilai tinggi. Namun, pembeli perlu cermat sebelum membeli, terutama soal status lahan dan hunian.

Oleh
BM Lukita Grahadyarini
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Priyombodo

Aktivitas pekerja di proyek pembangunan hunian vertikal di kawasan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (27/8/2019). Pembangunan kawasan berorientasi transit yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal, seperti kereta komuter, kereta ringan, dan moda raya terpadu, tumbuh di kawasan penyangga Jakarta.

Kawasan berorientasi transit atau TOD mulai menjadi tren hunian kekinian. Konsep ini menonjolkan integrasi dengan sistem transportasi massal, seperti kereta komuter, kereta ringan (LRT), moda raya terpadu (MRT), dan halte bus. Minat masyarakat semakin besar untuk memiliki hunian yang terhubung dengan moda transportasi publik.

Sejumlah aset lahan stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) tengah digarap untuk proyek hunian vertikal dan melibatkan kerja sama usaha antar-BUMN. Di seputaran stasiun LRT dan MRT, kita juga bisa menyaksikan pembangunan menara-menara hunian menjulang yang kian semarak, bahkan menempel dengan area stasiun.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan