logo Kompas.id
UtamaKualitas Layanan JKN Masih...
Iklan

Kualitas Layanan JKN Masih Belum Optimal

Ketersediaan sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan Indonesia belum merata. Seiring kenaikan iuran, perbaikan layanan dalam Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat mendesak dilakukan.

Oleh
Deonisia Arlinta Graceca Dewi/Aditya Diveranta/Nino Citra Anugrahanto
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/qEpfPtJP4D9DxOzDOf2cvdotwio=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2F20191114_ENGLISH-TEMATIK-JKN_A_web_1573742349.jpg
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Suasana pengurusan iuran jaminan kesehatan di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Pancoran, Jakarta, Senin (4/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Mutu layanan dalam Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat belum sesuai harapan. Hal ini antara lain disebabkan oleh belum meratanya ketersediaan sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan. Seiring dengan adanya kenaikan iuran peserta program itu, perbaikan layanan mendesak dilakukan.

”Cakupan kesehatan semesta harus dilihat menyeluruh, termasuk menilai mutu layanan kesehatan,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) M Adib Khumaidi di Jakarta, Kamis (14/11/2019). Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November jadi momentum untuk membenahi mutu layanan.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000