logo Kompas.id
UtamaKualitas Layanan BPJS...
Iklan

Kualitas Layanan BPJS Kesehatan Belum Optimal

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat telah memberikan manfaat bagi sebagian besar masyarakat. Keberlanjutan program nasional ini juga sangat tergantung peningkatan kualitas layanan bagi peserta.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/po-JmxhNM7njmtIVwFA9EkX0J-g=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2F20191113_ENGLISH-JKN_C_web_1573659026.jpg
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Suasana pengurusan iuran jaminan kesehatan di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Pancoran, Jakarta, Senin (4/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat telah memberikan manfaat bagi sebagian besar masyarakat. Sekitar 222 juta masyarakat telah terdaftar sebagai peserta. Namun, keberlanjutan program nasional ini tidak hanya diukur dari besarnya jumlah kepesertaan, tetapi juga akses layanan kesehatan yang berkualitas bagi semua masyarakat.

”Pusat pelayanan kesehatan, seperti puskesmas, mungkin sudah tersebar di seluruh Indonesia. Namun, belum tentu tersedia sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan, termasuk dokter yang mumpuni. Untuk itu, menilai layanan kesehatan dengan cakupan kesehatan semesta harus dilihat secara menyeluruh,” ujar Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh Adib Khumaidi saat dihubungi di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Editor:
khaerudin
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000