logo Kompas.id
UtamaJalan Digital Memacu Pajak...
Iklan

Jalan Digital Memacu Pajak Horeka

Teknologi informasi diandalkan untuk meningkatkan kualitas layanan publik, termasuk digitalisasi pajak hotel, restoran di Jawa Tengah. Sistem memudahkan setoran dan juga meningkatkan akuntabilitas demi menggenjot PAD.

Oleh
Erwin Edhi Prasetya/ Aditya Putra Perdana
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ru5qQNhpw-05_2tA6aurwgTn0kw=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2FPajak-Daerah_84899943_1573657573.jpg
KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA

Loket pembayaran pajak daerah di Kantor Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/11/2019). Pemkot Solo mengembangkan pelayanan pembayaran pajak daerah secara daring.

Sejak membuka restoran Wang Dynasty di salah satu mal di Kota Solo, Jawa Tengah, lima tahun silam (2014), Sumartono Hadinoto setiap bulan mesti membayar pajak restoran ke loket pembayaran pajak setempat. Cara itu berisiko, merepotkan, dan menyita waktu. Namun, setahun terakhir ia memilih membayar secara daring, sejak layanan itu tersedia.

”Membayar pajak secara online (daring) ini mempermudah, menghemat waktu dan tenaga. Saya juga yakin tidak ada kebocoran di sisi pengusaha ataupun pemerintah karena semuanya online,” kata Sumartono, Selasa (5/11/2019). Tak perlu waktu lama baginya belajar dan membiasakan diri membayar pajak secara daring dari telepon pintar. Pembayaran bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. ”Kemajuan teknologi tidak bisa ditolak,” katanya.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000