logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊSaat Ini Peradaban dan Budaya ...
Iklan

Saat Ini Peradaban dan Budaya Indonesia di Titik Terendah

Peradaban Bangsa Indonesia saat ini dinilai mengalami kemunduran sangat drastis. Kemunduran ini tidak hanya dari cara berperilaku melainkan juga material budaya yang dihasilkan seperti puisi, tarian dan karya seni lain.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
Β· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/vMMqogl1WRSen_dVWwCNlqpAWKI=/1024x614/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2Fkompas_tark_20807436_63_0.jpeg
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Pentas Tari di Ndalem Tejokusuman - Penari mementaskan tari Bedaya Kawung di pendopo nDalem Tejokusuman, Yogyakarta, Jumat (18/12/2015) malam. Pementasan tersebut dalam rangka peringatan ulang tahun ke-97 perkumpulan kesenian Krida Beksa Wirama.

JAKARTA, KOMPAS – Peradaban Bangsa Indonesia saat ini dinilai mengalami kemunduran pada tingkat yang sangat drastis. Kemunduran ini tidak hanya dari cara berperilaku melainkan juga material budaya yang dihasilkan seperti puisi, tarian, dan karya budaya lainnya.

Kondisi ini mengundang keprihatinan sejumlah tokoh yang terdiri dari cendekiawan, rohaniawan, tetua adat, budayawan, dan ilmuwan. Mereka menyatakan kondisi peradaban dan kebudayaan Bangsa Indonesia saat ini sudah kritis. Mereka pun berupaya dengan mufakat mengidentifikasi persoalan dasar yang terjadi untuk mengembalikan jati diri bangsa dalam berbudaya.

Editor:
khaerudin
Bagikan