logo Kompas.id
NusantaraWajah-wajah Baru dari Gandang Dewata

Wajah-wajah Baru dari Gandang Dewata

Taman Nasional Gandang Dewata, Sulawesi Barat, menyimpan kekayaan sumber daya hayati luar biasa. Alamnya menunggu diteliti untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya dari kawasan Wallacea.

Oleh Aris Prasetyo
· 1 menit baca

Taman Nasional Gandang Dewata, Sulawesi Barat, menyimpan kekayaan sumber daya hayati luar biasa. Alamnya menunggu diteliti lebih jauh untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya dari kawasan Wallacea.

Pos 1 Gunung Gandang Dewata berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl), Rabu (14/8/2019). Hujan deras tak kunjung reda sejak menjelang terbenamnya matahari. Malam itu, delapan pasang mata berjaga di mulut tenda. Tim Ekspedisi Wallacea Harian Kompas yang dibantu jagawana dan pramuangkut sedang menunggu tikus mendatangi umpan yang dipasang.

”Ada yang datang,” bisik Heri Cahyono, salah satu jagawana Taman Nasional Gandang Dewata. Saat itu, seekor tikus datang mengendus-endus beberapa butir nasi dan mi instan sisa makan malam yang dijadikan umpan. Tak berselang lama, tikus yang dicari-cari itu diabadikan lewat jepretan kamera.

Editor:
Bagikan
Memuat data..