logo Kompas.id
UtamaAsia Tenggara Belajar dari Indonesia

Asia Tenggara Belajar dari Indonesia

Indonesia menjadi rujukan negara-negara di Asia Tenggara yang ingin menjadi tamu kehormatan dalam Frankfurt Book Fair, pameran buku terbesar dunia.

Oleh
Aloysius Budi Kurniawan
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN

Suasana salah satu tempat penyelenggaraan Frankfurt Book Fair 2019 di Frankfurt, Jerman, Jumat (18/10/2019). Frankfurt Book Fair merupakan ajang pameran dan penjualan buku terbesar yang dihadiri lebih dari 7.500 peserta pameran dari 109 negara dengan pengunjung mencapai 285.000-an orang.

FRANKFURT, KOMPAS — Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang pernah terpilih sebagai tamu kehormatan dalam Frankfurt Book Fair. Karena itulah, banyak negara di Asia Tenggara belajar dari Indonesia untuk bisa menjadi tamu kehormatan dalam pameran buku terbesar di dunia tersebut.

Dalam 10 tahun terakhir, tidak pernah ada negara di Asia yang tampil sebagai tamu kehormatan Frankfurt Book Fair (FBF) selain Indonesia. Sebelumnya, beberapa negara Asia pernah terpilih sebagai tamu kehormatan, yaitu China (2009), India (2006), dan Korea (2005). Namun, khusus kawasan Asia Tengara, baru Indonesia yang pernah berkesempatan menjadi tamu kehormatan di ajang pameran buku tahunan tersebut.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan