logo Kompas.id
Politik & HukumRevisi UU KPK Kembali Diuji

Revisi UU KPK Kembali Diuji

MK kembali menyidangkan permohonan uji formil dan uji materi terhadap revisi UU KPK. Sementara itu, masyarakat sipil berharap Presiden menerbitkan Perppu KPK sebelum UU KPK hasil revisi berlaku.

Oleh HRS/REK/INK/SHR/IAN
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pegiat antikorupsi bersama pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar aksi #SaveKPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Minggu (8/9/2019). Dalam aksi ini mereka juga menutup sejumlah logo dan tulisan KPK sebagai simbol bukti pelemahan pemberantasan korupsi akan mati. Dugaan pelemahan pemberantasan korupsi tersebut salah satunya dengan rencana revisi UU KPK dan lolosnya sejumlah nama yang dianggap bermasalah diajukan menjadi calon komisioner KPK.

JAKARTA, KOMPAS — Hakim Mahkamah Konstitusi kembali menyidangkan uji materi dan uji formil terhadap Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi hasil revisi, Senin (14/10/2019). Namun, majelis hakim menilai revisi UU KPK itu belum memenuhi syarat sebagai obyek pengujian undang-undang karena belum diundangkan.

Pengujian materi dan uji formil kali ini diajukan oleh kelompok advokat yang juga mahasiswa pascasarjana Universitas As-Syafi’iyah, Bekasi. Sebelumnya, 17 pemohon yang sebagian besar mahasiswa juga sudah terlebih dahulu mengajukan pengujian konstitusionalitas revisi UU KPK dan saat ini tengah dalam masa perbaikan permohonan.

Editor:
Bagikan
Memuat data..