logo Kompas.id
NusantaraTindak Tegas Pembalakan Liar dalam Konsesi

Tindak Tegas Pembalakan Liar dalam Konsesi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan didesak bersikap tegas kepada pemegang konsesi yang membiarkan wilayahnya jadi lokasi pembalakan liar.

· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/IRMA TAMBUNAN

Kebakaran masih meluas dalam konsesi hak pengusahaan hutan di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Temuan itu didapati Kompas bersama tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana saat berpatroli udara, Selasa (8/10/2019).

JAMBI, KOMPAS — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan didesak bersikap tegas terhadap pemegang konsesi yang membiarkan wilayahnya menjadi lokasi pembalakan liar. Jika perusahaan dianggap tak mampu mengamankan wilayah kerjanya agar segera dicabut izinnya. Pengamanan hutan menjadi tanggung jawab penuh negara.

Kepala Unit II Tidak Pidana Terbatas Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jambi Ajun Komisaris Sahlan Umagapi mengatakan, pihaknya telah mengetahui perihal aktivitas pembalakan liar pada kawasan hutan di wilayah Kumpeh, Muaro Jambi. Upaya penegakan hukum juga sudah dilakukan, tetapi aktivitas itu masih ada karena pengamanan dalam kawasan hutan itu lemah.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..