logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiBerdaya dengan Skizofrenia

Berdaya dengan Skizofrenia

Penderita skizofrenia dengan kondisi kejiwaan yang stabil bisa tetap aktif menjalani hidup dan produktif. Namun, itu butuh kedisiplinan mengonsumsi obat dan pendampingan.

Oleh M Zaid Wahyudi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DEONISIA ARLINTA

Sejumlah orang dengan skizofrenia mengikuti pelatihan bercocok tanam dengan teknik hidroponik dalam kelas terapi vokasi yang diselenggarakan di Instalasi Rehabilitasi Psikososial Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, Bogor, Rabu (2/10/2019). Selain hidroponik, ada pula pelatihan lain, seperti tata boga, pembuatan telur asin, gerabah, menyulam, perkebunan organik, dan pelatihan komputer. Terapi ini diberikan secara rutin setiap Senin sampai Rabu selama satu jam, dimulai pukul 10.00.

PEKANBARU, KOMPAS — Penderita skizofrenia dengan kondisi kejiwaan yang stabil bisa tetap aktif menjalani hidup dan produktif. Namun, itu butuh kedisiplinan mengonsumsi obat serta pendampingan dan dukungan dari keluarga, juga orang di sekitarnya.

Aditya Widipratomo (39), aparatur sipil negara di Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK), Kementerian Sosial, Rumbai, Pekanbaru, Riau, tertawa lepas saat bermain voli dengan anak-anak binaan di halaman balai, Kamis (3/10/2019).

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..