logo Kompas.id
NusantaraPenderita Skizofrenia Bisa Pulih dan Beraktivitas Normal

Penderita Skizofrenia Bisa Pulih dan Beraktivitas Normal

Melalui pengobatan dan terapi yang tepat, penderita skizofrenia bisa pulih dan beraktivitas secara normal. Dukungan dan pendampingan dari keluarga serta orang-orang terdekat juga sangat penting.

Oleh Haris Firdaus
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/DEONISIA ARLINTA

Sejumlah penderita skizofrenia mengikuti pelatihan bercocok tanam dengan teknik hidroponik dalam kelas terapi vokasi yang diselenggarakan di Instalasi Rehabilitasi Psikososial Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, Bogor, Rabu (2/10/2019). Selain hidroponik, ada pula pelatihan lain, seperti tata boga, pembuatan telur asin, gerabah, menyulam, perkebunan organik, dan pelatihan komputer. Terapi ini diberikan secara rutin setiap Senin sampai Rabu selama satu jam, dimulai pukul 10.00.

Melalui pengobatan dan terapi yang tepat, penderita skizofrenia bisa pulih dan beraktivitas secara normal. Selain itu, dukungan dan pendampingan dari keluarga serta orang-orang terdekat juga sangat penting untuk memulihkan orang dengan skizofrenia.

”Pertama memang harus minum obat dulu. Obat dengan jenis yang benar dan dosis yang tepat. Setelah itu baru proses psikoterapi,” kata penyintas skizofrenia, Andriyani Widyaningtyas (48), saat ditemui di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (2/10/2019).

Editor:
Bagikan
Memuat data..