logo Kompas.id
OpiniTajuk RencanaBersiap Hadapi Perlambatan

Bersiap Hadapi Perlambatan

Di tengah kegaduhan aksi demo dan pelantikan anggota baru DPR ekonomi dalam negeri perlu mendapat pencermatan di tengah bayang-bayang resesi Hari Rabu 2102019 Indeks Harga Saham Gabungan IHSG melanjutkan pelemahan sejak awal pekan Sebagian menganggap aksi demo mahasiswa mewarnai persepsi

· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD periode 2019-2024 dalam sidang paripurna di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Pengucapan sumpah janji jabatan dipandu Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir dalam pelantikan ini.

Di tengah kegaduhan aksi demo dan pelantikan anggota baru DPR, ekonomi dalam negeri perlu mendapat pencermatan di tengah bayang-bayang resesi.

Hari Rabu (2/10/2019) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan pelemahan sejak awal pekan. Sebagian menganggap aksi demo mahasiswa mewarnai persepsi investor. Namun, ada faktor lain yang memengaruhi, yaitu peringatan lembaga pemeringkat Moody’s Investors Service. Dalam uji stres oleh lembaga itu, bank-bank di India dan Indonesia dianggap paling rentan terhadap berkurangnya kemampuan perusahaan membayar utang akibat turunnya pendapatan. Urutan berikut adalah Singapura, Malaysia, dan China. Asumsinya, terjadi 25 persen pengurangan pendapatan perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi.

Editor:
Bagikan
Memuat data..