logo Kompas.id
Politik & HukumPemiluDua Sosok Perempuan di Pusaran Politik Senayan

Dua Sosok Perempuan di Pusaran Politik Senayan

Puan Maharani dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas menjadi dua sosok perempuan yang menarik perhatian saat pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dewan Perwakilan Daerah dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Selasa 1102019 Keduanya termasuk figur yang digadang-gadang bisa menjadi pucuk pimpinan par

Oleh rek/san/shr/bow
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Sekretaris Kabinet Pramono Anung berfoto bersama anggota DPR terpilih Asman Abnur, Zulkifli Hasan, Bambang Soesatyo dan Puan Maharani saat menghadiri pelantikan anggota legislatif terpilih periode 2019-2024 melalui Sidang Paripurna MPR di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Pelantikan dan pengambilan sumpah janji dilakukan terhadap 575 anggota DPR terpilih dari sembilan partai politik, 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih serta terhadap anggota MPR (gabungan DPR dan DPD) di hadapan Ketua Mahkamah Agung.

Mengenakan kebaya merah, Ketua DPR terpilih Puan Maharani berjalan menuju ruang rapat Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Lantai 7 Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan. Bersamanya, sejumlah kolega dari PDI-P berjalan mendampingi, antara lain Vanda Sarundajang, Diah Pitaloka, dan Yulian Gunhar.

Dengan wajah semringah, Puan optimistis akan terpilih sebagai ketua DPR perempuan pertama di Indonesia bila semua pihak konsekuen menjalankan ketentuan mengenai komposisi pimpinan DPR yang diatur dalam revisi Undang-Undang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3). UU itu mengatur posisi ketua DPR diduduki perwakilan partai politik peraih suara terbanyak dalam pemilu.

Editor:
Bagikan
Memuat data..